facebook pixel

Penjualan Mobkas Naik 50% Jelang Lebaran, Avanza Cs Paling Diburu

Penjualan mobkas jelang Lebaran 2017 naik hingga 50 persen (Carmudi)

Penjualan mobkas jelang Lebaran 2017 naik hingga 50 persen (Carmudi)

JAKARTA - Penjualan mobil bekas (mobkas) di beberapa sentra di Indonesia mengalami kenaikan. Pemicunya adalah momentum Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan litbang Carmudi, terjadi peningkatan penjualan antara 30 sampai 50 persen dibandingkan pada bulan lainnya.

"Jelang Lebaran tahun ini penjualan kami naik. Kalau dihitung-hitung naiknya sekira 30 persenan. Kalau bulan biasa rata-rata terjual 15 unit, sekarang saya sudah berhasil jual kurang lebih 22 unit,” ucap Asep Agustyady, pemilik showroom Tiluf Mobilindo.

Seperti pada hari biasa, penjualan didominasi jenis multi purpose vehicle (MPV) atau kendaraan keluarga. "Rata-rata konsumen cari mobil MPV sejenis Toyota Avanza. Pertimbangan mudik membuat konsumen menyasar kendaraan yang bisa muat banyak," jelas Asep.

Setelah MPV, mobil low cost green car (LCGC) bekas seperti Agya, Ayla, Brio Satya dan Datsun GO juga banyak dicari. Alasannya, harga LCGC bekas lebih murah lagi. Dengan membayar uang muka Rp10 juta konsumen sudah bisa bawa pulang Brio Satya atau Agya.

Semantara itu di sentra mobkas di Jawa Tengah atau yang lebih dikenal dengan Carmudi Sentra Otomotif (Carsentro) Semarang, terungkap penjualan mobkas bisa mencapai 110 hingga 120 unit mobil per bulan.

(ton)