Ambulans dan Helikopter Disiapkan untuk Keadaan Darurat ketika Mudik

Ilustrasi (Foto: Antara)

Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, pihaknya bersama instansi terkait telah menyiapkan beberapa terobosan guna mengantisipasi kemacetan Lebaran 2017 di tol. Salah satunya adalah menyiapkan ambulans motor.

"Nantinya pemudik yang mengalami gangguan kesehatan dalam perjalanan bakal ditangani tim kedokteran yang berada di ambulans motor," kata Tito di Lapangan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Jika keadaan betul-betul darurat, kata Tito, Basarnas pun menyediakan tiga helikopter. "Heli juga sudah kita siapkan juga. Dari Basarnas ada tiga," ujar dia.

PT Pertamina (Perserp), lanjut Tito sudah menyiapkan pasukan sepeda motor yang membawa tiga tangki yang berisi Bahan Bakar Minyak (BBM). Adapun masing-masing tangki yang dibawa berisi 10 liter BBM.

"Di rest area sendiri nanti ada selain mobil-mobil tangki dijual juga minya-minyak solar dan pertamax satu literan yang tiga literan, lima literan dan 10 literan," tuturnya.

"Montir juga begitu, ada montir yang naik motor nanti dengan peralatan darurat untuk membantu kalau ada yang mogok. Jadi mudah-mudahan enggak ada lagilah horor Brexit itu ya," kata Mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Pemudik yang merasa lelah, lanjut Tito bisa beristirahat di posko-posko yang sudah disediakan di tol-tol. "Kita sipakan posko-posko bersama di rest-rest area, tenda-tenda bersama jadi jangan khawatir masyarakat," ujar dia.

(ran)
Live Streaming
Logo
breaking news x