KPK Bakal Dampingi Tim Polri Periksa Novel Baswedan di Singapura

Koordinasi KPK dan Polri dalam penanganan kasus Novel Baswedan (Foto: Arie Dwi Satrio)

Koordinasi KPK dan Polri dalam penanganan kasus Novel Baswedan (Foto: Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo mengatakan akan mendampingi tim penyidik kepolisian yang diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap Novel Baswedan.

"Saya akan mendampingi tim (kepolisian) untuk ke Singapura, untuk menenangkan Novel, biar keadaannya rileks," kata Agus ‎usai melakukan koordinasi dengan jajaran Polri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2017).

Sebelumnya, KPK memang sempat tidak mengizinkan tim kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap Novel Baswedan di awal-awal penanganan kasus tersebut.

Namun, setelah koordinasi, KPK menyerahkan proses pemeriksaan tersebut kepada pihak kepolisian atas izin dari dokter yang menanganani Novel Baswedan di Singapura.

"Sebenarnya memang keputusan itu bukan hanya di KPK, tetapi juga perlu izin tim dokter. Nanti kalau misalkan dalam pemeriksaan tidak mempengaruhi kesehatan Novel, saya akan dampingi tim (kepolisian)," ungkapnya.

‎Sebelumnya diketahui, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan akan mengirimkan anak buahnya ke Singapura untuk melakukan pemeriksaan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan.

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengonfirmasi seputar adanya keterlibatan petinggi Polri dalam kasus teror penyiraman air keras seperti yang disebutkan Novel Baswedan kepada majalah asing.

"Kita ingin pemeriksaan secepat mungkin agar isu (keterlibatan anggota Polri) bisa diklarifikasi," kata Tito di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

(Ari)
Live Streaming
Logo
breaking news x