Langgar Jadwal Haji, Indonesia Bisa Disanksi Arab Saudi

Ilustrasi haji (Foto: Ist)

Ilustrasi haji (Foto: Ist)

JAKARTA - Bagi jamaah haji yang melanggar jadwal lempar jumrah bakal dikenakan sanksi. Untuk itu, para jamaah haji Indonesia diimbau lebih mentaati aturan yang diberlakukan Pemerintah Arab Saudi.

Selain untuk menjamin keamanan para jamaah. Hal itu juga untuk menghindari sanksi bagi pemerintah Indonesia oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

"Sebenarnya sejak tahun lalu (aturannya). Tapi mulai diberlakukan sejak kemarin. Jamaah haji diminta untuk tidak melanggar jadwal di Mina (melempar jumrah) agar tidak ada kejadian seperti di Mina pada 2015 lalu," kata Kepala Daerah Kerja (Madinah, Amin Haryono kepada wartawan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (19/6/2017).

Dikatakannya, bila jamaah haji ketahuan melanggar otomatis Pemerintah Indonesia bakal dikenakan sanksi. Hanya saja, ia belum tahu sanksi apa yang bisa diterima jika aturan jadwal tersebut dilanggar.

Amin mengatakan, salah satu opsi untuk mencegah jamaah melakukan pelanggaran adalah dengan menggembok pemondokan. 

"Tahun lalu ada maktab yang dengan tegas melakukan pencegahan dengan menggembok penginapan. Tapi, ada juga maktab yang tidak terlalu keras menerapkan aturan ini," pungkasnya. (Ari)

(ulu)
Live Streaming
Logo
breaking news x