Image

Antisipasi Bencana saat Musim Mudik, BPBD Bengkulu Siagakan Alat Berat

Ilustrasi (dok. Antara)

Ilustrasi (dok. Antara)

BENGKULU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, menyiagakan sejumlah alat berat di titik rawan tanah longsor saat musim arus mudik dan arus balik Lebaran 2017.

Penyiagaan alat berat itu diprioritaskan di jalan lintas barat (Jalinbar) Kabupaten Bengkulu Selatan menuju Tanjung Sakti, Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu, di jalan lintas tengah (jalinteng) Kabupaten Bengkulu Tengah-Kota Pagar Alam-Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Sumarno mengatakan, selain menyiagakan alat berat, sejumlah personil juga ditempatkan dan disiagakan dititik-titik tanah longsor tersebut.

"Penempatan personil dan alat berat itu, guna mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi ketika arus mudik dan arus balik," kata Sumarno, Senin (19/6/2017).

Sumarno menyebut, delapan daerah di Bengkulu, telah mengalami pergerakan tanah, dengan status menengah hingga tinggi. Delapan daerah itu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepahiang, Lebong, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Mukomuko, Kabupaten Kaur, dan Kota Bengkulu.

Untuk di Kota Bengkulu, lanjut Sumarno, pergerakan tanah terdapat ditiga kecamatan. Yakni, Kampung Melayu, Muara Bangkahulu dan Kecamatan Selebar dengan status menengah.

"Ada delapan daerah, potensi gerakan tanah yang terjadi selama Mei 2017. Sehingga kita menyiagakan personel," pungkas Sumarno.

(aky)
Live Streaming
Logo
breaking news x