Mudik Lebaran, Dishub Imbau Penumpang Naik Kendaraan Plat Kuning & Berstiker Khusus

Ilustrasi (dok. Antara)

Ilustrasi (dok. Antara)

BANDA ACEH - Menjelang mudik lebaran Idul Fitri 1438 hijriah, Dinas Perhubungan Aceh menghimbau masyarakat untuk memperhatikan beberapa hal penting sebelum menggunakan transportasi umum saat pulang ke kampung halaman.

"Masyarakat usahakan naik kendaraan yang ber-plat kuning. Kalau plat hitam asuransinya tidak ada dan tidak mendapatkan santunan," kata Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan Aceh, Nizarli kepada Okezone, Senin (19/6/2017).

Disamping itu pihaknya juga meminta masyarakat untuk mengetahui betul kendaraan mana yang akan ditumpangi untuk mudik. Pasalnya Dishub Aceh mengaku telah melakukan uji kelayakan kendaraan lebaran terhadap 4.000 lebih transportasi umum.

Bagi kendaraan baik bus maupun minibus jenis L-300 yang layak jalan, akan diberikan sebuah stiker angkutan lebaran 2017. Biasanya stiker tersebut ditempel di kaca bagian depan kendaraan lulus Ramp Check.

"Naiklah kendaraan yang telah dipasangi stiker agar terjamin keselamatannya karena telah dilakukan Ramp Check (uji kelayakan angkutan)," ungkapnya.

Sementara selain melakukan pengecekan kelayakan kendaraan secara rutin, Dishub kata Nizarli juga akan melakukan tes urine bagi supir angkutan umum. Tes urine tersebut dipusatkan di Terminal Batoh Banda Aceh.

(aky)
Live Streaming
Logo
breaking news x