Dipadati Kendaraan Besar, Jalan Lintas Timur Sumatra Macet hingga Puluhan Kilometer

Jalan lintas timur Sumatra macet hingga puluhan kilometer (Foto: Mewan/Okezone)

Jalan lintas timur Sumatra macet hingga puluhan kilometer (Foto: Mewan/Okezone)

BANYUASIN - Antrean kendaraan mengular di Jalan Lintas Timur Sumatra Palembang-Jambi hingga puluhan kilometer, Senin (19/7/2017).

Kemacetan terjadi lantaran banyaknya truk angkutan barang berukuran besar melintas. Truk-truk  yang besar yang lebarnya memakan separuh badan jalan itu, berjalan perlahan beriringan.

Hal itu membuat kendaraan di belakangnya tidak bisa mendahului, ikut merayap di belakang truk tersebut hingga membuat kemacetan panjang. Kondisi diperparah oleh pengendara yang nekat menerobos dengan mengambil lajur kanan.

Akibatnya, arus kendaraan terkunci, tidak bergerak sama sekali. Antrean kendaraan berangsur bergerak setelah petugas Polantas Polres Banyuasin melakukan sistem buka tutup jalan.

Sulaiman (35) pengendara asal Gandus Palembang menyesalkan kemacetan ini. Sudah berjam-jam  kendaraan merayap tidak bergerak. Banyak truk besar berjalan beriringan menutup jalan. Belum lagi, sepeda motor saling serobot membuat lalu lintas makin kacau.

"Saya sudah kegerahan, masa jarak 1 km baru bisa tembus 2 jam. Sekarang kan sudah masuk H-7 Lebaran, harusnya truk angkutan tidak lagi melintas," katanya.

Sementara itu, Kadishub Banyuasin Supriadi mengakui kendaraan truk ramai melintas, karena mengejar waktu H-4 hingga H+3 truk angkutan tidak boleh lagi melintas. "Terkecuali untuk angkutan Sembako tetap boleh lewat," katanya.

Untuk kelancaran lalu lintas pihaknya telah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Banyuasin. "Kami sudah pasang anggota di setiap titik rawan macet, mobil derek juga disiagakan, untuk antisipasi kemacetan," ucap dia.

(ran)
Live Streaming
Logo
breaking news x