Image

Jelang Lebaran, 400 Personel Dikerahkan ke Pelabuhan Panglima Utar Kumai

KOTAWARINGIN BARAT - Untuk mengamankan Lebaran 1438 Hijriah, Polres Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah mengerahkan sekira 400 personel gabungan dari Polri-TNI-Dinas Perhubungan dan sejumlah organisasi sipil lainnya.

Hal ini disampaikan Kapolres Kobar AKBP Pria Premos saat gelar pasukan Operasi Ramadniya Telabang 2017 di lapangan Sampuraga Lama Pangkalan Bun. Peningkatan pengamanan akan dilakukan di Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Sebab saat momen mudik Lebaran, pelabuhan ini banyak dijubeli ribuan warga yang akan menuju kampung halaman.

"Prioritas pengamanan kita lakukan di pelabuhan, sebab setiap tahunnya puluhan ribu pemudik asal Pulau Jawa menyesaki pelabuhan untuk menuju Semarang dan Surabaya," ujar Kapolres Kobar AKBP Pria Premos usai gelar pasukan, Senin (19/6/2017).

Sementara untuk posko lebaran sudah dibangun di Bundaran Pancasila, Pasar Indra Kencana dan di Pelabuhan Kumai. Operasi Ramadniya Telabang sendiri berlangsung mulai 19 Juni-4 Juli 2017. Terkait pengamanan rumah kosong yang ditinggal pemudik, pihak kepolisian mengimbau warga untuk melapor ke ketua RT setempat dan memastikan semua sudah aman.

"Kami sudah siapkan juga tim Crisis Respon Team (CRT) yang fungsinya untuk menangani peristiwa atau kasus secara cepat," jelasnya.

Kemudian untuk pengamanan bank, kantor pegadaian dan juga sejumlah pasar yang selalu ramai dikunjungi warga jelang Lebaran. "Untuk bank dan kantor pegadaian yang biasa ramai pengunjung akan kita perketat pengamannya. Ini dilakukan untuk menghindari tindak kriminalitas yang marak terjadi saat Ramadan," pungkasnya.

(kha)
Live Streaming
Logo
breaking news x