Ini Dia Cendol dari Kulit Taoge ala Mahasiswa UNY

Foto: Dok UNY

Foto: Dok UNY

JAKARTA - Ada-ada saja cara mahasiswa dalam mengelola limbah bahan makanan menjadi suatu yang berdaya guna dan memiliki nilai jual. Seperti mahasiswa di Yogyakarta yang menyulap limbah atau sisa produksi taoge menjadi es dawet.

Dia adalah Muhammad Yuliantito, seorang mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). "Kulit taoge kacang hijau ini ternyata dapat dimakan karena zat gizi protein cukup tinggi yakni 8,73 persen," terangnya seperti dilansir dari laman UNY, Selasa (20/6/2017).

Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu mengolah kulit taoge menjadi es dawet atau cendol yang dinamai Cettag alias Cendol Kulit Taoge.

"Pemanfaatan kulit taoge sebagai Cettag dilakukan dengan mengganti sebagian tepung hangkuew dengan kulit taoge," jelasnya.

Proses pembuatan Cettag, kata Yuliantito, cukup mudah yakni dengan menyaring kulit taoge yang telah diblender. Kemudian mencampurnya dengan tepung hangkuew, tepung beras, vanili garam dan air. Rebus dan tunggu matang hingga mendidih.

Cettag yang memanfaatkan kulit taoge kacang hijau ini juga diyakini lebih banyak memiliki kandungan bermanfaat bagi tubuh daripada biji taoge kacang hijau. Kandungan tersebut yakni protein, vitamin B1, serat kasar, mineral, kalsium, dan fosfor.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x