Tips Mudik Simpel ala Mahasiswa

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Mudik menjadi agenda yang rutin dilakukan setiap tahun saat menjelang lebaran. Banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum mudik. Pasalnya, kamu membutuhkan peralatan yang mesti dibawa dan juga energi tambahan di perjalanan.

Mahasiswa cenderung simpel, tidak suka yang ribet dan lebih memilih mudik ala backpacker ketimbang harus menggeret koper ke mana-mana. Nah, berikut ini serangkaian tips mudik ala mahasiswa yang dirangkum Okezone!

Bawa Barang Secukupnya

Membawa seluruh pakaian di lemarimu untuk mudik bukanlah hal yang bijak. Misalnya, bawalah jumlah pakaian yang sesuai dengan durasi waktu kamu di perjalanan dan di kampung halaman. Membawa banyak barang saat mudik akan menyulitkan kamu di perjalanan, apalagi bagi kamu yang mudik menggunakan moda transportasi publik.

Siapkan Makanan dan Camilan

Kamu akan melalui hari-harimu di perjalanan. Apalagi jika kampung halamanmu jauh dan mesti ditempuh selama berhari-hari. Agar hemat dan menghindari jajan-jajan di luar, siapkanlah makanan berat dan camilan. Dua pengisi energi itu bisa kamu makan setelah buka puasa dan saat sahur.

Obat-obatan

Jangan lupakan yang satu ini. Obat-obatan sangat penting dibawa demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya mendadak mabuk perjalanan, pusing, bahkan masuk angin. Tidak lucu kan kalau sampai di kalau sampai di kampung halaman malah jatuh sakit?

Bawa Buku dan Alat Penunjang Kuliah

Opsi ini bersifat pilihan tak wajib. Pasalnya, beberapa kampus masih menunggu kamu untuk jalani Ujian Akhir Semester (UAS) usai libur lebaran. Atau, beberapa dosen memberikanmu tugas-tugas kuliah yang harus dikumpulkan usai libur lebaran. Membawa buku dan alat penunjang kuliah seperti netbook akan memudahkan kamu mengerjakan tugas-tugas dan belajar selama di perjalanan. Jadi ketika menjelang masuk kuliah nanti, kamu tidak diburu-buru deadline.

Selamat mencoba!

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x