Jadi Pembicara di Universitas California, Dalai Lama Tekankan Nilai Kemanusiaan

Foto: Getty Images

Foto: Getty Images

SAN DIEGO - Lulus dari perguruan tinggi bukan berarti jaminan kebahagiaan. Tetapi komitmen untuk menjaga kedamaian batin dan perdamaian terhadap sesama memiliki dampak yang besar pada kehidupan.

Itulah cuplikan pesan yang diberikan Dalai Lama ke-14, Tenzin Gyatso saat menjadi pembicara di hadapan sekira 8000 wisudawan di Universitas California, San Diego.

Dalam pidato tersebut, Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 1989 ini menekankan nilai-nilai kemanusiaan bagi para lulusan baru. Kedamaian dan welas asih, ungkapnya, merupakan topik yang sama pentingnya seperti fisika atau ekonomi.

"Semua manusia menginginkan kehidupan bahagia. Anda memiliki kesempatan dan tanggung jawab untuk menciptakan dunia yang lebih baik, lebih bahagia, dan tanpa kekerasan," tuturnya seperti yang dilansir dari Inc, Selasa (20/6/2017).

Dalai Lama mengingatkan pada para wisudawan bahwa dengan menjadi bahagia, kepuasan hidup dapat terpenuhi di seluruh tatanan masyarakat, negara, dan pada akhirnya kemanusiaan itu terwujud.

"Anda bisa melakukannya. Memang tidak mudah, tetapi bisa diwujudkan dengan ketetapan hati, optimisme, dan tekad," imbuhnya.

Ia mengatakan, bahwa inilah saatnya menanamkan dan menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan. "Sekarang adalah waktunya untuk lebih memperhatikan dan mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan sebagai bentuk belas kasih," tandasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x