facebook pixel

Tren Skuter Listrik, Ini Tanggapan Piaggio Indonesia

Vespa Elettrica (Wired)

Vespa Elettrica (Wired)

JAKARTA - Pameran automotif EICMA 2016 menjadi saksi kedatangan skuter listrik konsep garapan Piaggio yaitu Vespa Elettrica. Hadirnya Vespa Elettrica menandakan Piaggio siap untuk memasuki era motor listrik.

Namun kemungkinan versi produksi dari Elettrica masuk ke pasar Indonesia terbilang sangat kecil. Pasalnya infrastruktur pendukung kendaraan listrik belum memadai.

"Dari kami kalau mau meluncurkan sesuatu kami harus percaya diri. Jadi kami enggak mau sekadar luncurkan ikuti pasar. Secara infrastruktur harus sudah terpenuhi. Lihat dulu dari sisi stasiun pengisian listrik, kami belum lihat itu," ujar Andre Sanyoto, direktur pemasaran PT Piaggio Indonesia (PID), di Jakarta, kemarin.

Meski demikian, kata Andre, sepeda motor listrik akan selalu menjadi pertimbangan PID mengingat ke depan kendaraan harus lebih ramah lingkungan.

"Pasti ada pertimbangan, karena ke depan teknologi akan mengarah ke sana," tambah Andre.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) saat ini sudah membuat lebih dari 300 stasiun penyedia listrik umum (SPLU) dan jumlahnya akan terus ditambah. Meski demikian keberadaannya belum merata, kebanyakan masih di Jakarta.

"Cuma dari sisi kualitas dan kuantitasnya seberapa cepat distribusinya itu yang kita lihat juga. Jangan nanti Jabodetabek dulu sedangkan area lain tidak ada, ya belum mantap. Kami ingin memberikan teknolgi yang secara kualitas kami enggak mau kejar-kejaran. Tapi suatu saat kami luncurkan produk yang inovatif dan kami percaya diri juga," pungkas Andre.

Di ajang EICMA, skuter listrik Elettrica diberi aksen biru di beberapa bagian bodi untuk menunjukkan identitasnya sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Skuter Elettrica diklaim sebagai tunggangan yang lincah, mudah dikendarai, dan penggunanya akan merasakan kesenangan berkendara yang tetap sama dengan produk skuter bermesin konvensional. Belum ada informasi lebih detail mengenai spesifikasi Vespa Elettrica.

Merek motor di bawah asuhan Piaggio Group tersebut hanya menjadwalkan mulai menjual skuter listriknya pada semester kedua 2017. (san)

(ton)
​