facebook pixel

Honda Bocorkan Sketsa Accord Terbaru, Meluncur Juli

Honda Accord (Paultan)

Honda Accord (Paultan)

JAKARTA - Pabrikan automotif asal Jepang, Honda, baru saja merilis sketsa Accord model 2018. Rencananya, sedan mewah tersebut akan melakukan debut global di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Sebagaimana diberitakan Paultan, generasi ke-10 dari Accord ini diklaim akan menjadi sedan yang menyenangkan untuk dikendarai, bergaya premium, dan dramatis.

Bila diperhatikan, wajah Accord terbaru memiliki lampu depan LED, dan kisi-kisi grille mengikuti desain Civic. Selain itu, tampak kisi-kisi grille seakan menyatu dengan lampu utama. Lampu kabutnya juga diperkirakan sudah menggunakan LED, lalu kap mesin tampak landai dengan garis-garis tajam, sedangkan spoiler depan didesain meruncing. Peleknya kemungkinan akan ditawarkan dalam lima palang bergaya blade. 

Sebelumnya, Honda telah mengumumkan bahwa Accord terbaru akan ditawarkan dalam tiga pilihan mesin. Pertama mesin 1,5 liter turbo untuk menggantikan 2,4 liter naturally aspirated (NA) yang ditawarkan pada Accord generasi terdahulu. Mesin baru dihubungkan ke transmisi otomatis dengan CVT atau manual enam percepatan. Tenaga dari mesin belum terungkap, namun bila mengacu pada CR-V yang memiliki mesin sama tenaganya maksimalnya mencapi 190 hp dan torsi puncak 243 nm.

Honda juga akan mengganti mesin 3,5 liter NA V6 menjadi turbo 2 liter yang diadopsi dari Civic Type R. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 10 percepatan atau manual enam percepatan. Tenaganya belum dibocorkan, tapi diperkirakan antara 278 atau 316 hp.

Pesaing dari Toyota Camry ini paling laris pasar Amerika Serikat. Sejak 1976, orang Amerika telah membeli lebih dari 13 juta Accord. (san)

(ton)