facebook pixel

Suzuki Indonesia Dibuat Kewalahan Gara-Gara Jimny

Suzuki Jimny (Okezone)

Suzuki Jimny (Okezone)

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) agen pemegang merek mobil Suzuki di Indonesia secara resmi memperkenalkan mini sport utility vehicle (SUV) Jimny generasi terbaru bersamaan dengan pameran automotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Rencananya mobil tersebut akan resmi diluncurkan di ajang yang sama pada Agustus 2017.

Meski pasar di segmen tersebut kecil, namun peminatnya tetap ada. Sebagai permulaan Suzuki telah melakukan pemesanan sebanyak 88 unit Jimny sejak Mei lalu. Mobil yang akan dibawa dalam bentuk utuh atau completely build up (CBU) dari Jepang ini rupanya langsung mendapat sambutan yang sangat luar biasa. Dari total unit yang diminta sudah habis terpesan.

"Kita agak kewalahan, jadi asumsi awal kami dengan 88 unit itu sudah cukup sehingga sesuai dengan prediksi kami, kita akan luncurkan pada saat motor Show, dan masih ada stok kira-kira satu bulanan. Kemungkinan pada saat kami luncurkan unitnya sudah abis," ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Donny menambahkan sampai saat ini jumlah pelanggan yang memesan sudah tembus 100 unit. Namun pihaknya akan melakukan verifikasi sebelum menyetujui pemesanan.

"Sekarang kami lagi pilih-plih palanggan, karena pas kami cek ada satu konsumen yang beli langsung 5 unit, jadi kita pilih dulu, kalau bisa satu orang satu unit saja," terang Donny.

Melihat antusias yang tinggi, kata Donny, ada kemungkinan untuk membuka pemesanan gelombang kedua. Namun hal itu masih dalam pembicaraan.

"Masih kami diskusikan di internal tapi overall sekarang kita sedang finalisasi," bebernya.

Model yang akan dihadirkan di Indonesia nanti sedikit berbeda seperti yang telah dipamerkan di GIIAS. "Dari sisi eksteriornya dan lebih panjang dari yang dipamerkan," ungkap Donny.

Suzuki Jimny terbaru akan menggunakan sistem penggerak empat roda. Mobil dengan desain kotak ini memiliki panjang 3.695 milimeter, lebar 1.600 mm, tinggi 1.705 mm, wheelbase 2.250 mm, dan ground clearance 190 mm.

Mesinnya berkapasitas 1.328 cc dengan transmisi otomatis.

Secara global Suzuki Jimny melenggang sendiri tanpa pesaing. Namun, beberapa produsen tengah menyiapkan mobil berukuran kecil dengan sistem penggerak 4WD untuk melawan Jimny. Sebut saja adik Jeep Renegade dan Hyundai Carlino. (san)

(ton)
​