facebook pixel

Baru Direstorasi Habiskan Rp414 Juta, Mobil Klasik Ini Ludes Dibakar Maling

Mobil MGB tahun 1964 milik Charles Thomson ludes terbakar (SWNS)

Mobil MGB tahun 1964 milik Charles Thomson ludes terbakar (SWNS)

LONDON - Apes dialami pengantin baru Charles Thomson. Mobil lawasnya, MGB tahun 1964, yang direstorasi menghabiskan dana 25 ribu poundsterling atau sekira Rp414 juta ludes dibakar orang tak dikenal.

Mobil itu sengaja direstorasi untuk digunakan saat penikahan. Polisi mencurigai mobil itu sengaja dibakar pelaku pencurian setelah gagal membawanya.

MGB eksotis itu punya hubungan emosional dengan Thomson. Jelas saja, MGB berapat terbuka itu merupakan warisan dari ayahnya yang meninggal dunia pada 1997.

Meski mobil itu sudah hancur hanya menyisakan besi dan pelat, Thomson bertekad merestorasinya kembali. Dibutuhkan dana sangat besar untuk menjadikannya seperti sedia kala.

"Kami sangat gusar. Ini bukan sekadar mobil biasa bagi kami, tapi punya hubungan emosional dan tidak akan pernah bisa tergantikan," kata Elizabeth Thomson, sang istri, seperti dikutip dari Daily Mail.

Pasangan pengantin yang tinggal di pinggiran Chesterton, Inggris, itu berharap sasis dan mesin mobil masih bisa diselamatkan. Komponen-komponen lain dari mobil yang tidak bisa diselamatkan diharapkan masih bisa didapat di pasaran.

Menunjukkan rasa iba, kerabat dan teman-teman Thomson ikut mengumpulkan dana untuk membantu restorasi total. Bahkan mereka melakukan pengumpulan dana melalui website Go Fund Me.

"Sayang, dikenal sebagai 'mobil hijau yang mungil', MG merupakan satu-satunya barang yang dimiliki Charles dari ayahnya," ujar rekan Thomson yang ikut mengumpulkan dana, Simon Ruggles.

MGB diproduksi pada periode antara 1962-1981. Dalam kondisi standar, jantung penggeraknya menggunakan 4 silinder segaris, berkapasitas 1.789 cc. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 94 bhp pada 5.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui sistem transmisi empat percepatan manual.

(ton)
​