facebook pixel

Skuter Vespa Diproduksi di Indonesia Lagi, Kapan?

Vespa (Okezone)

Vespa (Okezone)

JAKARTA - Pabrik skuter Vespa pernah ada di Indonesia pada 1972. Fasilitas yang terketak di Pulogadung, Jakarta Timur, itu memproduksi Vespa model 90 dan 150 cc. Sampai 1976 diperkirakan sebanyak 40 ribu unit skuter telah diproduksi. Bahkan, kedua model tersebut diekspor ke Thailand.

Sekarang Vespa yang kini dipasarkan di Tanah Air lewat PT Piaggio Indonesia (PID) didatangkan dari Vietnam dan juga negara asalnya, Italia. Melihat populasi Vespa yang saat ini semakin bertambah, apakah ada kemungkinan PID menghidupkan kembali pabrik di Indonesia? Jika itu terjadi maka ada beberapa keuntungan yang didapat, seperti memangkas ongkos pengiriman, skuter bisa lebih cepat sampai ke tangan konsumen, serta harga yang lebih terjangkau.

"Hasrat produksi lokal itu selalu menjadi pertimbangan kami untuk bisa menganalisa produk, karena dari sisi komunitasnya (Vespa) juga sangat kuat, penggemarnya juga sangat banyak," ujar Andre Sanyoto, direktur pemasaran PID.

Mengenai kapan terealisainya pabrik di Indonesia, Andre belum bisa memastikan karena masih dalam proses diskusi baik secara internal maupun langsung ke prinsipal.

"Kami belum bisa konfirmasi tapi dari sisi analisa kami selalu observasi skenarionya bagaimana untuk saat ini yang paling bermanfaat. Prinsipal pun di sana masih mempertimbangkan," terang Andre.

Piaggio mulai menjajaki langkahnya kembali di Indonesia mulai 2011. Indonesia tetap menjadi pangsa pasar potensial. Namun berbeda dengan pabrikan sepeda motor lain di dalam negeri, Vespa lebih menitikberatkan pada segmen lifestyle.

Saat ini populasi Vespa terbanyak adalah Primavera dan Sprint. Harganya yang cukup terjangkau membuat keduanya menjadi pilihan para penggemar skuter matik asal Italia ini.

"Dari sisi harga keduanya terjangkau dan juga masih menjadi backbone kami. Kalau keduanya digabung total menguasai 70 persen dari semua produk yang dijual," pungkas Andre. (san)

(ton)
​