PM Singapura Minta Maaf Akibat Meluasnya Konflik Keluarga

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong meminta maaf kepada warganya (Foto: Reuters)

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong meminta maaf kepada warganya (Foto: Reuters)

SINGAPURA – Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong meminta maaf kepada warganya akibat meluasnya konflik internal keluarganya. Masalah Loong dan adik-adiknya, Lee Wei Ling dan Lee Hsien Yang, dipicu oleh perdebatan terkait rumah mendiang ayah mereka, Lee Kuan Yew.

Sebagaimana dikutip dari The Strait Times, Selasa (20/6/2017) PM Singapura itu mengatakan ia sangat menyesali permasalahan keluarganya telah menyeret reputasi Singapura serta kepercayaan rakyatnya terhadap pemerintah. Namun melalui pernyataannya, Loong sebut tudingan yang ditujukan kepadanya oleh adik-adiknya harus ditangani secara terbuka.

Tudingan yang dimaksud di sini adalah klaim dari Lee Wei Ling dan Lee Hsien Yang yang mengkhawatirkan kakaknya yang menjabat sebagai PM Singapura akan menggunakan aparat negara demi menekan keduanya. “Kami sangat khawatir bahwa sistem ini hanya sedikit memberlakukan check and balance untuk mencegah penyalahgunaan wewenang pemerintah. Kami merasa kakak ada di mana-mana,” klaim keduanya pada pekan lalu.

Demi meruntuhkan tudingan tersebut, Loong akan memberikan pernyataannya di depan Parlemen Singapura pada 3 Juli 2017. “Saya berharap bahwa siaran umum penuh di Parlemen tersebut akan menghilangkan keraguan yang tertanam dan menguarkan kepercayaan pada institusi dan sistem pemerintahan kita,” kata sang PM Singapura melalui pernyataannya.

Perpecahan di dalam keluarga mendiang Lee Kuan Yew itu diduga terkait status masa depan rumah yang ditinggalinya selama puluhan tahun. Ketika meninggal dunia pada 2015, Hsien Yang dan Wei Ling mengklaim ayahnya ingin rumah tersebut dihancurkan daripada diubah menjadi monumen. Mereka menuduh Hsien Loong dan istrinya, Ho Ching, menentang keinginan mendiang.

Perselisihan antaranggota keluarga itu juga pernah pecah pada April 2016. Lee Wei Ling menuduh sang kakak menyalahgunakan kekuasaan. Namun, isu perpecahan tersebut dibantah oleh Lee Hsien Loong. Ia malah balik menuduh kedua adiknya tersebut

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x