Demi Membelot, Tentara Korut Berenang hingga Korea Selatan

Foto Sungai Han yang membentang di dekat perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan (Foto: Moments and Memoirs)

Foto Sungai Han yang membentang di dekat perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan (Foto: Moments and Memoirs)

SEOUL – Seorang tentara Korea Utara (Korut) nekat menyeberangi Sungai Han demi membelot ke Korea Selatan (Korsel). Usaha pembelotan itu dilakukan pada Minggu 18 Juni 2017 dini hari waktu setempat.

Sebagaimana dikutip dari UPI, Selasa (20/6/2017), Kepala Staf Gabungan di Seoul menyatakan, tentara itu berenang ke Korsel melalui wilayah di Sungai Han yang sempit. Media Donga Illbo mewartakan, tentara itu menggunakan styrofoam di punggung dan pundaknya untuk membantu tentara itu menyeberang bagian sungai dengan lebar 700 meter itu.

Tentara Korsel dari divisi marinir 2 menjadi pihak pertama yang mendapati kemunculan tentara Korut itu melalui alat pemantau panas yang mereka miliki di pos terdepan yang menghadap ke zona demiliterisasi. Melihat kemunculan tersebut, tentara Korsel langsung mengamankannya.

“Selamatkan saya. Saya membelot,” kata tentara itu ketika diamankan. Saat ini otoritas Korsel terus menyelidiki motif di balik pembelotan tersebut.

Pembelotan ini hanya berselang beberapa hari setelah seorang tentara Korut lainnya nekat menyeberangi zona demiliterisasi. Ia pada Selasa 13 Juni 2017 menyeberangi lahan yang dipenuhi ranjau darat usai mendengar pengumuman dari Korsel yang disiarkan melalui pengeras suara.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x