Rencana 10 Hari Liburan Barack Obama dan Keluarga di Indonesia

Ilustrasi. Obama dan keluarga akan berlibur ke Indonesia. (Foto: Nicholas Kamm/AFP)

Ilustrasi. Obama dan keluarga akan berlibur ke Indonesia. (Foto: Nicholas Kamm/AFP)

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Barack Obama berencana mengunjungi Indonesia akhir bulan ini. Ada dua keperluannya, pertama untuk memenuhi undangan jadi pembicara. Kedua, dalam rangka liburan.

Dalam rangka berlibur, Obama kabarnya akan mengajak keluarganya menapaki keesotisan wisata di Jakarta, Bali, dan Yogyakarta. Adapun rencana kunjungan Obama ke Tanah Air dilakukan pada 23 Juni hingga 2 Juli 2017.

Untuk kunjungan ke Pulau Dewata, rencananya pada 23 sampai dengan 28 Juni. Kemudian dilanjutkan ke Yogyakarta pada 28 sampai 30 Juni. Terakhir ditutup dengan kunjungan ke Ibu Kota pada 30 hingga 2 Juli 2017.

Ketika singgah di Jakarta, Barack Obama akan menyampaikan pidato kunci di Kongres Diaspora ke-4 pada 1 Juli 2017. Kongres ini akan dilaksanakan selama empat hari, yaitu pada 1-4 Juli 2017, dengan tema "Bersinergi Bangun Negeri". Akan tetapi, Obama hanya hadir pada hari pertama.

"Ini akan menjadi Pidato Obama pertama di Asia sejak tidak menjabat sebagai Presiden. Kami merasa terhormat dapat menyambut kembali ke Jakarta untuk menyampaikan pidato kunci di konvensi," kata Ketua Dewan Kehormatan Indonesian Diaspora Network Global (IDNG), Dino Pati Djalal kepada awak media di Bengkel Diplomasi FPCI, Menara Mayapada, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Adapun pesawat yang akan digunakan yaitu Western Air Charter, Inc, D DBA JET EDGE, GLF5, N50JE. Pilot yang membawanya ialah Kapten Michael Stehen Bustin dan Kapten Jonas Kelly Hodge, dibantu pramugari bernama Melsissa Chang Lee. Rute penerbangan pada 23 Juni GUM-DPS, ETA 1900LT dan pada 28 Juni DPS-JOG ETD 1020LT.

Tercatat ada 13 nama yang ikut dalam rombongan kunjungan pribadi Obama ke Indonesia. Tiga nama yang tak asing adalah sang istrinya, Michelle Obama dan kedua putrinya, Natasha Marian Obama dan Malia Ann Obama.

Selain itu, ada Alex David Arevalo, Anita Jean Decker Breckenridge, Chynna Yrome Dywris Clayton, Konrad Gar-yeu, Katina Latrelle Hoyles, Suhaila Kala Nai-La Ng, Joshua David Pruett, Maya Kasandra Soetoro, Allen Antonio Taylor, dan Savita Lola Yang-Song Ng.

Guna persiapan kedatangan Obama tersebut, pihak Kementerian Luar negeri (Kemenlu) akan mengadakan rapat koordinasi dengan instansi terkait hari ini. Terkait akomodasi tempat menginap selama kunjungan Barack Obama di Bali hingga saat ini belum diketahui.

(Sil)
Live Streaming
Logo
breaking news x