Dalam Dua Bulan, Kolera Membunuh Lebih dari 1.000 Orang di Yaman

Warga Yaman yang terjangkit wabah kolera. (Foto: Memo)

Warga Yaman yang terjangkit wabah kolera. (Foto: Memo)

SANAAWabah kolera yang menyerang Yaman dilaporkan telah memakan korban sebanyak 1.146 orang. Berdasarkan keterangan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dilaporkan, telah ditemukan lebih dari 166.976 kasus kolera sejak 27 April 2017.

Sebagaimana diwartakan Middle East Monitor, Rabu (21/6/2017), Provinsi Hajjah Barat Laut tercatat memiliki korban tertinggi yakni mencapai 195 korban jiwa. Sebelumnya Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut bahwa wabah Kolera yang telah muncul sejak tiga tahun lalu telah 'menghancurkan Yaman'.

Organisasi internasional, Oxfam melaporkan wabah kolera yang melanda Yaman telah membunuh satu orang per jamnya. Sebagaimana diketahui, Yaman masih bergejolak dengan perang antara milisi Houthi dengan koalisi yang dipimpin Arab Saudi. Lebih dari 10 ribu orang tewas sejak perang meletus pada 2015.

Konflik tersebut tidak hanya menyebabkan korban tewas, tetapi juga krisis pangan dan kerusakan fasilitas serta infrastruktur umum.

Sementara itu, lebih dari 11% penduduk negara tersebut mengungsi. Wabah kolera melanda Yaman sejak April dan diprediksi akan terus berlanjut dengan menewaskan 300 ribu orang per bulannya.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x