BMKG: Cuaca Perairan Merak-Bakauheni Aman untuk Pelayaran saat Mudik

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

MERAK - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, prakiraan cuaca penyeberangan Merak-Bakauheni aman bagi pelayaran karena ketinggian gelombang normal, yakni 0,5 meter.

"Kami menjamin pelayaran penyeberangan Merak-Bakauheni melalui Perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal," kata Koordinator Pos Komando (Posko) BMKG Pelabuhan Merak, Soemardi di Merak, Selasa (20/6/2017).

Selama beberapa hari terakhir ini cuaca Perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal sehingga penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar. Prakiraan cuaca pada puncak arus mudik lebaran pada H-3 dan H-2 dipastikan aman bagi penyeberangan menuju Pulau Sumatera.

Saat ini, ketinggian gelombang berkisar antara 0,2 hingga 0,5 meter dengan jarak pandang 3 hingga 6 kilometer. Gelombang bergerak dari arah selatan dan tiupan angin dari timur tenggara.

Sedangkan, kecepatan angin mencapai 9 knot atau 18 kilometer per jam. Selain itu juga suhu antara 24-33 derajat celcius dengan tingkat kelembaban 60-90 persen.

Namun, peluang hujan lintas penyeberangan Merak-Bakauheni malam hari dengan intensitas ringan.

Untuk itu, cuaca Perairan Merak-Bakauheni aman bagi pelayaran kapal jenis RORO atau feri yang dapat mengakut penumpang maupun kendaraan arus mudik Lebaran.

"Kami yakin cuaca Perairan Merak-Bakauheni normal dan tidak membahayakan bagi pelayaran," kata dia.

(qlh)
Live Streaming
Logo
breaking news x