Sambut Mudik, BNN Kepri Tes Urine Kru Pesawat dan Pelabuhan

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BATAM - BNN Kepulauan Riau melakukan tes urine pada kru pesawat dan kapal laut untuk memastikan tidak ada yang menggunakan alkohol atau narkoba saat melayani penerbangan dan pelayaran mudik Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Selain di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, kegiatan ini juga dilaksanakan di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Pelabuhan Sekupang Batam, Sri Bintan Pura Tanjungpinang, dan Pelabuhan Karimun. Ada 400 sampel yang kami ambil," kata Kepala BNN Kepri, Nixon Manurung di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa (20/6/2017).

Di Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan diambil 100 sampel, Pelabuhan Sekupang Batam 100 sampel, Pelabuhan Sri Bintan Pura dan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang 100 sampel, dan Pelabuhan Karimun 100 sampel.

"Hingga saat ini kegiatan masih berlangsung. Untuk di Hang Nadim semua masih dinyatakan negatif," kata dia.

Kabid Berantas BNN Kepri, Bubung Pramiadi mengatakan, proses pengambilan sampel di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dibagi dalam lima tim. Setiap tim terdiri dari lima petugas BNN, seorang petugas bandara, seorang Direktorat Pengamanan Bandara, dan Kepolisian Kawasan Bandara.

"Jadi setiap ada pesawat yang baru mendarat tim langsung melakukan tes urine pada krunya. Kami mengikuti jadwal dan membagi dalam lima tim agar tidak mengganggu penerbangan," kata dia.

Jika ditemukan positif, kata dia, maka kru tersebut tidak akan diizinkan terbang atau berlayar. Dan selanjutnya dibawa ke Kantor BNN Kepri di Nongsa, Batam, untuk menjalani tes lanjutan.

"Kalau pengguna ringan akan menjalani rawat jalan. Namun jika ketergantungannya berat akan dimasukkan lokasi rehabilitasi BNN di Nongsa hingga bebas dari ketergantungan," kata Bubung.

General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso menyambut baik kegiatan ini demi keamanan seluruh penerbangan. "Kemenhub menekankan pada keselamatan penumpang. Jadi semua harus mematuhinya. Jangan sampai terjadi kecelakaan saat mudik tahun ini," kata dia.

(qlh)
Live Streaming
Logo
breaking news x