1.646 Pemudik Asal Kalteng Bergerak ke Surabaya Gunakan Kapal Awu

KOTAWARINGIN BARAT - Sebanyak 1.646 pemudik meninggalkan Kumai, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Mereka mulai bergerak menuju Surabaya Jawa Timur, Selasa (20/6/2017) sekira pukul 20.00 WIB.

Ribuan pemudik asal sejumlah kota di Jawa Timur ini berangkat dari Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai.

"Kapal Awu tiba dari Semarang mengangkut 600 penumpang. Kemudian berangkat lagi ke Surabaya dengan jumlah pemudik 1.646 jiwa," ujar Kepala Cabang Pelni Pangkalan Bun, R Isdwisantodi pelabuhan.

Ia menjelaskan, tiket mudik kapal Pelni tujuan Semarang Jawa Tengah dan Surabaya Jawa Timur saat ini hanya tersisa sekira 1.000 tiket saja.

"Tiket kapal Pelni dari Pelabuhan Kumai tujuan Semarang dan Surabaya dari H-15 sampai H-1 sudah terjual 14.500 tiket. Kuotanya kemarin sekitar 15.556 tiket kelas ekonomi," sambungnya.

Dikatakan Isdwisantodi, mudik lebaran tahun ini, Pelni menyiapkan 6 kapal, yakni Kapal Awu, Kelimutu, Egon, Binaiya, Lawit dan Sirimau tujuan Semarang dan Surabaya dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Kemudian keberangkatan kapal ada 12 kali saat mudik lebaran.

"Untuk arus balik ada 9 kali keberangkatan. Harga tiket kita buat flat yakni Rp180 ribu tujuan Semarang dan Rp191 ribu untuk tujuan Surabaya. Kalau tiket rata rata untuk keberangkatan H-7 sampai H-3 tiket tersisa sedikit saja, namun untuk H-1 masih tersisa sekitar 600 tiket tujuan Semarang dan Surabaya," tandasnya. (sym)

(erh)
Live Streaming
Logo
breaking news x