Image

Ya Ampun! Kekeringan Landa 7 Kecamatan di Gunungkidul

GUNUNGKIDUL – Sedikitnya tujuh kecamatan di Gunungkidul, DIY mengalami krisis air bersih saat musim kemarau. Untuk mengantasi permasalahan tersebut, Pemerintah Kabupaten mulai Senin 10 Juli 2017 lalu melakukan penyaluran ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budhi Harjo mengatakan, ketujuh kecamatan yang mengalami kekeringan antara lain Panggang, Purwosari, Tepus, Tanjungsari, Paliyan, Rongkop, dan Girisubo. Dari jumlah tersebut ada 45.230 warga terdampak yang berasal dari 32 desa.

“Kalau diperinci lagi warga terdampak berasal dari 254 dusun dengan jumlah 9.046 kepala keluarga,” kata Budhi, sebagaimana dikutip dari Harian Jogja, Kamis (13/7/2017).

Menurut Budhi, untuk pelaksanaan dropping, BPBD telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp600 juta. Rencananya setiap hari dilakukan 28 kali penyaluran, dengan rincian di masing-masing kecamatan sebanyak empat kali.

“Guna mendukung program ini, kami siapkan tujuh armada truk pengangkut air untuk menyalurkan ke daerah-daerah terdampak,” ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sutaryono menambahkan, untuk proses penyaluran pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan. Namun demikian, BPBD juga masih memberikan kesempatan kepada warga yang mengalami kekeringan untuk mengajukan bantuan.

Hanya, sambung Sutaryono, permintaan tersebut harus dilakukan secara resmi dengan mengajukan permohonan melalui pihak desa maupun dusun setempat. “Semua pengajuan harus dilakukan secara resmi,” kata Sutaryono.

Ia menambahkan, untuk program penyaluran air bersih, BPBD juga akan melakukan koordinasi dengan pihak swasta. Hal ini dilakukan agar pemberian bantuan dapat efektif sehingga tidak ada tumpang tindih dalam proses penyaluran di satu tempat.

“Saya minta kepada seluruh perusahaan yang akan menyalurkan bantuan berkoordinasi dengan BPBD sehingga batuan dapat lebih merata,” tandasnya.

(put)
Live Streaming
Logo
breaking news x