facebook pixel

Meski Pasarnya Kecil, Hyundai Yakin Ada Peluang untuk City Car

Hyundai Grand i10 (Foro: Santo/Okezone)

Hyundai Grand i10 (Foro: Santo/Okezone)

JAKARTA - Pasar city car di Indonesia tidak tumbuh subur. Meski demikian peminatnya tetap ada.

President Director Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Mukiat Sutikno mengatakan, turunnya penjualan city car karena kehadiran mobil LCGC dan small sport utility vehicle (SUV).

"Pasar city car memang agak turun kalau dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena ada small SUV dan lainnya. Jadi konsumen banyak pilihan dan mereka lebih memilih ke small SUV. Tapi tentunya kalau kita lihat memang total market 3 sampai 4 tahun terakhir ini stagnan. Bahkan dengan adanya LCGC, pangsa pasar enggak lebar tetap 1 juta 1,1 juta unit. Jadi enggak melebar," ujar Mukiat, di Jakarta, Kamis 13 Juli 2017.

Walaupun turun, Mukiat meyakini masih ada peluang untuk pertumbuhan segmen city car.

"Bukan kami menganggap segmen di city car ini tidak punya peluang, tapi kami tetap yakin dengan segmen city car maka daripada itu kami sengaja meluncurkan Grand i10 dengan penyegaran terbaru," tambah Mukiat.

Ada banyak faktor yang memungkinkan pasar city car kembali bertumbuh, salah satunya yaitu kondisi perekonomian. Menurut Mukiat, kebutuhan untuk memiliki mobil pribadi selalu ada, terutama masyarakat perkotaan.

"Kami tetap yakin suatu saat ekonomi Indonesia akan membaik dan pasar city car akan berkembang lagi karena kita tahu sebenarnya 1 juta untuk market Indonesia itu sangat kecil. Sementara populasi kita 250 juta jiwa. Kondisi ekonomi membaik, saya yakin mobil tetap menjadi dream tool yang akan dimiliki," pungkas dia.

Hyundai Grand i10 terbagi dalam dua varian yakni i10 GLX dan i10X. Keduanya tampil dengan konsep berbeda, Grand i10 GLX merupakan city car yang efisien dalam penggunaan bahan bakar namun tetap praktis dan multifungsi. Sedangkan Grand i10X adalah city car yang stylish dengan tampilan crossover namun tetap mempertahankan karakter mobil perkotaan yang nyaman.

Rencananya Hyundai Grand i10 terbaru akan diluncurkan di pasar Indonesia di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD City, pada 10 Agustus 2017. (san)

(ton)
​