Image

Akibat Banjir, Puluhan Rumah dan Sejumlah Jalan Terputus di Belitung Timur

Banjir di Belitung Timur (Foto: Istimewa)

Banjir di Belitung Timur (Foto: Istimewa)

BELTIM - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Belitung Timur (Beltim) hingga saat ini diketahui masih belum surut, setidaknya lima dari tujuh kecamatan terendam banjir di antaranya Kecamatan Kelapa Kampit, Kecamatan Damar, Kecamatan Simpang Renggiang, Kecamatan Gantung, dan Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kepala Bagian Humas Pemprov Bangka Belitung, Muhammad Ali mengatakan, saat ini lima kecamatan tersebut masih terendam banjir, hingga genangan banjir belum surut. Akibatnya puluhan rumah dan jalan terputus dikarenakan derasnya curah hujan.

"Air diketahui masih belum surut, sekira puluhan rumah yang terendam banjir di atas satu meter seperti di usun Bukit Jaya itu ada 11 rumah, di dusun Buding ada sekitar 14 rumah berdekatan dengan desa Air Panas Kab. Belitung Timur," ujarnya saat dikonfirmasi Okezone, Minggu (16/7/2017).

Sementara itu Ali menuturkan, laporan hingga saat ini ketinggian air di Bendungan Pice Gantung sudah melampaui batas normal sekira 60 centimeter dan ada beberapa titik daerah akses jalan terputus, jalan putus tersebut ada di Desa Damar Gantung Kecamatan Kampit.

"Ada beberapa jalan terputus seperti jalan akses Manggar menuju Tanjungpandan, jalan Raya Buding, menuju desa Terang Bulan, dan jalan Assalam 3 desa Baru Manggar, Belitung Timur. Belum lagi Bendungan Pice Gantung meluap, petugas telah memberikan imbauan kepada warga untuk segera mencari tempat lebih aman," ujarnya.

Demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihak pemerintah daerah bekerjasama dengan Babinsa dan Bati Tuud (Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dinas Administrasi) telah koordinasi dengan Kades via telpon agar mengimbau warga di sekitar bantaran Sungai Lenggang untuk meninggalkan rumah mereka mencari tempat lebih tinggi.

"Mereka Babinsa dan Bati Tuud telah berkoordinasi dengan Kepala Kades untuk mengimbau warga di sekitar bantaran Sungai Lenggang guna mencari tempat yang lebih aman dan di tempat yang tinggi," tutur Ali.

Berikut adalah titik-titik parah akibat hujan lebat disertai banjir melanda dan akses jalanan yang

terputus kawasan Kab. Belitung Timur, dari Arah Tanjung Pandan seperti:

1. Di sekitar Jembatan Buding sampai ke Desa Bukit Jaya banjir mencapai 1/2x1meter.

2. Jembatan menuju Desa Gunung Putus Desa Senyubuk.

3. Desa Mayang: Dusun Balai Selatan Banjir >1/2 dan Jembatan dekat SPBU dan Jembatan dekat PLN hampir putus.

4. Kec. Damar: Banjir parah dan akses jalan belum bisa dilalui menuju ke:

A. Desa Mempayak

B. Desa Sukamandi

5. Kec. Manggar: Banjir rata-rata di bawah 1/2 meter di:

A. Jembatan Mekarjaya

B. Desa Kulong Minyak

C. Desa Ngarawan 100 meter dekat dengan RSUD.

D. Desa Kurnia jaya

E. Desa Bentaian

6. Kec. Simpang Renggiang: akses jalanan terputus menuju ke Desa Aik Ruah.

7. Kec. Gantung

A. Jembatan Batu Penyok terputus.

B. Debit Bendungan Pice Air dengan ketinggian 4.7 meter (status siaga).

8. Kec. Dendang: Hingga saat ini akses jalan menuju Dendang masih tertutup akibat jalanan diredam banjir.

(ran)
Live Streaming
Logo
breaking news x