facebook pixel

Mobil Small MPV Mitsubishi Bisa Mengancam BR-V & Terios-Rush

Gambar teaser small MPV Mitsubishi (MMKSI)

Gambar teaser small MPV Mitsubishi (MMKSI)

JAKARTA - Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai agen pemegang merek (APM) kendaraan penumpang Mitsubishi akan melakukan debut internasional small MPV-nya di Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), 10 Agustus 2017. Mobil ini akan mengisi segmen low MPV yang sudah diisi oleh Avanza, Xenia, Mobilio, Ertiga, dan Grand Livina.

Director of Sales and Marketing MMKSI Irwan Kuncoro yakin kehadiran mobil ini akan memperbesar segmen low MPV, tidak menggerus pasar yang sudah ada. Pasalnya, small MPV Mitsubishi didesain berbeda dengan produk lain di segmen yang sama.

“Kalau menggerus saya kira tidak. Saya pikir setiap ada produk baru maka pasarnya akan membesar, termasuk di segmen ini. Seperti saat Pajero Sport hadir bersamaan dengan Fortuner pada tahun lalu, market di segmen ini menjadi membesar," terang Irwan saat berkunjung ke MNC Group, di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Ia menambahkan, small MPV Mitsubishi memiliki desain yang berbeda dengan kompetitor. Identitas SUV tetap dipertahankan pada produk yang model konsepnya sudah diperkenalkan pada ajang GIIAS 2016 ini. Hal ini sejalan dengan DNA pabrikan berlogo tiga berlian itu yang identik dengan mobil tangguh. Karena perbedaan inilah, produk small MPV Mitsubishi diyakini akan membuat pasar low MPV di Indonesia semakin gemuk lagi.

Sekalipun menggerus, kata Irwan, ada kemungkinan small MPV Mitsubishi akan memakan pasar low SUV 7-seater. Sekadar diketahui segmen ini diisi oleh Honda BR-V serta Daihatsu Terios dan Toyota Rush.

Irwan pun tak menafikan bahwa Outlander Sport bisa ikut termakan oleh mobil ini, meski kapasitas tempat duduknya hanya lima. "Outlander Sport ya bisa saja. Tapi kita lihat nanti positioning-nya akan seperti apa," ungkapnya.

MMKSI sudah merilis tiga gambar penggoda small MPV versi produksi. Tampak sekali tidak ada perubahan siginifikan dibandingkan dengan unit yang beberapa waktu lalu tepergok diuji coba, baik di Jepang maupun Indonesia.

Mobil ini memiliki ukuran lebih lebar dan lebih besar dibandingkan dengan produk MPV di kelasnya. Dengan begitu penumpang akan memiliki ruang yang cukup untuk menghadirkan kenyamanan. Ciri khas dynamic shield terlihat dari lekukan fender depan dan belakang yang besar serta ukuran tinggi kendaraan yang menonjol. Dimensi yang besar tidak hanya membuatnya nyaman tapi juga taft dan kokoh.

Sebelum diluncurkan secara resmi ke publik Tanah Air pada bulan depan, Mitsubishi berencana memperkenalkan small MPV-nya ini kepada jurnalis pada pekan depan.

(ton)