Image

Terlibat dalam Jaringan Penjualan Daging Kuda di Eropa, Puluhan Orang Diciduk

Foto ilustrasi (Foto: Flickr)

Foto ilustrasi (Foto: Flickr)

MADRID – Puluhan orang ditangkap otoritas keamanan karena terlibat dalam jaringan penipuan makanan di Eropa. Para tersangka disebut menjual daging kuda yang tidak layak untuk konsumsi manusia.

Sebagaimana dikutip dari ABC News, Senin (17/7/2017), Kepolisian Uni Eropa (Europol) mengumumkan bahwa mereka juga bekerja sama dengan delapan negara demi mengungkap jaringan tersebut. Setidaknya ada 65 orang di Spanyol yang ditangkap karena terlibat dalam penjualan daging kuda tersebut.

Puluhan tersangka didakwa terlibat dalam kejahatan pencucian uang, membahayakan kesehatan publik dan penganiayaan terhadap hewan. Sebelum menangkap puluhan orang tersebut, tersangka utama dari kasus penjualan daging kuda yang diidentifikasikan sebagai pengusaha asal Belanda sudah terlebih dahulu ditangkap pada April 2017.

Garda Sipil Spanyol mengklaim, jaringan tersebut memperoleh kuda dari Spanyol dan Portugal. Mereka memilih kuda yang berada dalam kondisi buruk, tua, dan sudah tidak layak konsumsi.

Kemudian jaringan tersebut memalsukan dokumen dan microchip untuk mengidentifikasikan kuda-kuda tersebut sebelum menyerahkan ke rumah jagal lalu dikirim ke Belgia. Garda Sipil di Spanyol menyebut, jaringan ini mendapatkan untung dalam penjualan daging ilegal itu sekira 20 juta euro per tahunnya.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x