Image

Tanggul Pencegahan Banjir Rob di Cilincing Bakal Selesai Tahun Depan

Pembangunan tanggul di Cilincing (foto: Taufik/Okezone)

Pembangunan tanggul di Cilincing (foto: Taufik/Okezone)

 

JAKARTA - Proyek pembangunan Tanggul A National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang berada di wilayah Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, hingga kini masih belum tuntas.

Menanggapi hal itu, Lurah Kalibaru Sugiyono mengatakan, saat ini proyek tersebut masih dalam tahap pemasangan spunpile dan proyek pencegahan rob yang kerap melanda kawasan Kalibaru hingga Semper tersebut ditargetkan rampung pada tahun 2018 mendatang.

"Jadi Spunpile itu merupakan tiang pemancang. Memiliki panjang 20 meter yang ditanam di dalam laut sedalam 15 meter," ujar Sugiyono, kepada wartawan di kantornya, Senin (17/7/2017).

 

Ia menjelaskan, selain bertujuan pencegahan rob akibat pasangnya air laut. Ia tambahkan, dalam proyek itu akan dipercantik dengan pembangunan taman dan sarana bermain anak.

"Kami warga Kalibaru menunggu pembangunan selesai dan pastinya proyek itu akan bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Menurutnya, nantinya pada bibir laut itu akan dialiri air dari kali Cakung Drain dari Kelurahan Kalibaru hingga Cilincing. Bahkan terdapat kolam yang dilengkapi pompa air agar dapat membuang air ke laut.

"Aliran kali itu juga mengantisipasi tergerusnya daratan akibat air laut," pungkasnya.

(wal)
Live Streaming
Logo
breaking news x