Image

Hendak Edarkan 1 Kg Sabu, Jaringan Narkoba Internasional Diringkus di Medan

Ilustrasi

Ilustrasi

MEDAN – Personel Polres Pelabuhan Belawan, berhasil menangkap dua anggota jaringan narkoba internasional Indonesia-Malaysia dari depan RSU Sari Mutiara, Jalan Kapten Muslim, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

Keduanya adalah Munzir Muhammad Diah (36) warga Kuala lumpur, Malaysia dan Zulfan Fauzi (30) warga Aceh Utara. ‎Dari kedua tersangka, Polisi berhasil menyita narkoba jenis sabu seberat 1 kilogram.

“Penangkapannya pada Kamis 13 Juli 2017 lalu. Ada dua orang yang kita amankan. Satu warga negara Malaysia. Barang buktinya 1 kilogram kristal putih diduga sabu,” ujar Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Yemi Mandagi, Senin (17/7/2017).

Yemi menjelaskan, penangkapan itu dilakukan setelah pihaknya menerima informasi terkait adanya rencana transaksi narkoba di salah satu lokasi di Medan. Berbekal informasi tersebut, Polisi kemudian melakukan penelusuran dan berhasil menangkap dua tersangka di depan RSU Sari Mutiara Medan.

“Kita juga mengamankan sejumlah uang tunai dan telepon genggam milik tersangka yang kini dijadikan barang bukti. Tersangka dan barang buktinya kini sudah kita amankan di komando untuk keperluan penyelidikan,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara terhadap tersangka, kata Yemi, diketahui bahwa jaringan kedua tersangka sudah berulang kali menjual narkoba jenis sabu di Medan. Untuk barang bukti yang diamankan saat ini saja misalnya, merupakan bagian dari lima kilogram sabu milik mereka yang belum berhasil dijual.

“Jadi yang sudah berhasil mereka jual itu sebanyak empat kilogram. Jadi sudah berulang kali. Sabu-sabu ini masuk dari Malaysia melalui Aceh dengan tujuan Medan. Ini masih kita dalam lagi untuk anggota jaringan ini,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, atas perbuatannya, kedua tersangka saat ini dijerat dengan Pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. “Ancamannya 20 tahun penjara,” tutupnya.

(aky)
Live Streaming
Logo
breaking news x