Image

Tunjangan Tak Dibayar, Ratusan ASN Geruduk Kantor Dishub Sumut

Ilustrasi

Ilustrasi

MEDAN – Ratusan aparatur sipil negara (ASN) yang selama ini bertugas di sejumlah jembatan timbang yang ada di Sumatera Utara, mendatangi Kantor Dinas Perhubungan Sumatera Utara di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Senin (17/7/2017).

Mereka datang untuk menyampaikan protes atas hilangnya tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) mereka. Selama ini setiap bulannya mereka menerima TPP senilai Rp3 juta per bulan. Namun dalam empat bulan terakhir, TPP itu tidak dicairkan.

“Kami ada 400 orang yang belum menerima TPP. Kami ingin bertemu Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Anthony Siahaan, untuk mempertanyakan ini. Kami menuntut pertanggungjawabannya,”ujar Muchsin, seorang ASN.

Namun, keinginan para ASN itu pupus karena Anthony Siahaan tidak berada di kantor. Mereka hanya dihadapkan pada Sekretaris Dinas Perhubungan Sumut, Darwin Purba.

Darwin menyatakan, pihaknya memang tidak lagi menganggarkan TPP untuk para ASN tersebut. Pasalnya saat ini, para ASN yang bekerja di jembatan timbang itu sudah dialihkan status kepegawaiannya menjadi pegawai Kementerian Perhubungan.

“Sejak Desember 2016 status mereka sudah dialihkan ke Kementerian Perhubungan. Jadi, kita tidak anggarkan lagi tahun ini ke Pemprov Sumut. Jadi uangnya itu bukan di kita karena tidak kita usulkan," kata Darwin.

Ia mengatakan, proses peralihan ini kurang dipahami para ASN. Mereka merasa bahwa mereka masih berhak menerima TPP seperti saat mereka berstatus sebagai ASN di Dishub Sumut. Padahal, TPP merupakan kebijakan pemerintah daerah.

"Mereka merasa proses administrasi ini tidak menghalangi hak mereka atas TTP itu. Apalagi tiba-tiba ada surat dari kementerian. Untuk persoalan ini, besok perwakilan pegawai ditunggu Kepala Dinas Perhubungan di Kantor Kementerian. Mudah-mudahan ada solusi nanti di sana," pungkasnya.

(erh)
TAG : ASN demo medan
Live Streaming
Logo
breaking news x