Image

Waduh, Sejumlah Orangtua Ingin Anaknya Masuk SD Usia 5 Tahun

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

PALEMBANG - Sejumlah orangtua di Palembang menginginkan anak-anaknya masuk Sekolah Dasar di usia 5 tahun meski pemerintah mengatur harus berusia minimal 6 tahun.

Rosmala, orangtua Rizky Ramadhan (6 tahun) siswa SD Negeri 246 Palembang, mengatakan sebenarnya ia ingin memasukkan anaknya ke SD pada usia 5 tahun tapi mendapatkan penolakan dari pihak sekolah.

"Tidak diterima jika belum 6 tahun, atau paling tidak 5 tahun delapan bulan. Jadi terpaksa baru masuk sekolah tahun ini, padahal anak saya sudah bisa berhitung dan membaca," kata Rosmala yang dijumpai di SD tersebut saat mengantar anak bersekolah pada hari pertama.

Senada, Amelia, orangtua dari Muhammad Fatir (6,5 tahun), siswa SD Negeri 246 Palembang, mengatakan dirinya juga bermaksud memasukkan anaknya ke SD pada usia 5 tahun.

"Tahun lalu usia anak saya tanggung, baru 5,5 tahun, jadi terpaksa baru sekolah di tahun ini. Secara mental sebenarnya anak saya sudah mampu tapi aturannya begitu jadi terpaksa diikuti. Saya juga dulu saat SD masuk di usia 5 tahun, tapi sekarang aturan tidak membenarkan lagi," kata dia.

Pilihan serupa juga dilakukan seorang ibu, Nur Rahmi Azzahra. Lantaran penolakan sekolah tersebut membuat ia menyekolahkan anaknya di TK selama dua tahun.

"Jika anak saya cepat sekolah, jadi cepat pintarnya. Daripada di rumah, cuma bermain saja," kata Nur, yang bekerja sehari-hari sebagai buruh cuci.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Widodo mengatakan orangtua harus memahami bahwa persyaratan mengharuskan siswa SD itu harus berusia 6 tahun ini sudah berdasarkan kajian ilmiah.

Seorang anak baru bisa dikatakan layak masuk SD saat berusia 6 tahun karena pada usia tersebut sudah bisa dikatakan sudah memiliki kemampuan motorik dan psikologis yang sempurna untuk menyerap mata pelajaran.

"Jadi jangan berasumsi bahwa anak saya sudah bisa membaca dan berhitung maka sudah bisa dikatakan layak ke SD. Malah saya menegaskan bahwa untuk masuk SD itu bukan membaca yang menjadi syaratnya, tapi dahulukan dulu siswa yang berusia di atas 6 tahun," tegas Widodo.

Pemerintah mulai menerapkan aturan usia minimal masuk SD yakni 6 tahun, sementara sejumlah negara di Asia Tenggara telah lama menerapkannya. Bahkan seperti Malaysia, Thailand malah menetapkan usia minimal 7 tahun.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x