facebook pixel

40% Pemilik Kendaraan di Dunia Ingin Beralih ke Mobil Listrik

Mobil Listrik (Carscoops)

Mobil Listrik (Carscoops)

BERLIN - Belum lama ini lembaga survei yang bermarkas di Jerman melakukan penelitian secara global tentang pembelian kendaraan listrik. Survei ini melibatkan 43 ribu orang responden di 52 negara. Hasilnya cukup memuaskan, di mana 40 persen pengendara mobil mengatakan bahwa mereka akan membeli kendaraan listrik dalam lima tahun ke depan.

Dilaporkan Carscoops, hasil survei tersebut juga mengungkap bahwa 31 persen pemilik kendaraan di Amerika Serikat dan Kanada kemungkinan besar akan menukar mobil bermesin bensin dan diesel mereka dengan mobil listrik dalam lima tahun ke depan. Sedangkan di Meksiko lebih tinggi lagi yakni sebesar 39 persen. Namun rekor dipegang Thailand yaitu 66 persen.

Sementara itu pemilik kendaraan asal China justru hanya 58 persen yang tertarik pada mobil listrik. Ini sangat bertolak belakang dengan banyaknya produsen yang ingin berinvestasi untuk membangun pabrik mobil listrik di sana.

Untuk saat ini pamor mobil listrik masih kalah dengan bermesin konvensional, namun tidak menutup kemungkinan hal ini akan berbalik kendepannya.

Pertumbuhan kendaraan listrik di China mencapai 33 persen atau 59 ribu unit dari total penjualan mobil bulan lalu. Meski secara volume masih kecil dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional, namun tren kenaikan ini diprediksi akan terus terjadi di tahun-tahun mendatang.

Hasil survei tersebut juga mencatat sebanyak 16 persen pengemudi kendaraan di Jepang mempertimbangkan pertukaran dari mobil konvensional ke listrik. Di Arab Saudi 45 persen orang berpotensi pindah dari penggunaan bahan bakar fosil. Sedangkan di Jerman ada 22 persen orang yang mempertimbangkan beralih ke mobil listrik. (san)

(ton)
​