facebook pixel

Renault Batal Hadirkan Duster Seven Seater

Renault Duster (Indianautosblog)

Renault Duster (Indianautosblog)

PARIS - Tahun lalu sempat dilaporkan bahwa Renault Duster terbaru akan tersedia dalam varian seven seater. Namun berdasarkan laporan terbaru dari Auto Express menegaskan bahwa varian tersebut tidak akan ada di model berikutnya.

Global Sales Director Duster, Francois Mariotte, mengatakan perusahaan ingin tetap mempertahankan five seater supaya seimbang dengan sistem penggeraknya.

"Bila Anda ingin mengubah mobil yang berukuran lima menjadi tujuh tempat duduk, tidak ada jalan, Anda akan kehilangan kekompakan dan kemampuan sistem penggerak semua roda (4 × 4) pada mobil. Aku tahu ada banyak rumor yang menyebut tujuh tempat duduk di Duster. Tapi itu bukan rencana. Anda bisa melupakannya," ujar Mariotte.

Sebagai catatan positif, Mariotte membocorkan Renault Duster terbaru akan meluncur Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) atau Frankfurt Motor Show di Jerman pada September 2017. Tidak lama setelah peluncuran resmi, pabrikan mobil asal Prancis itu akan memasarkannya mulai dari Rumania pada Januari 2018, Inggris pada Maret, dan seterusnya.

Sport utility vehicle (SUV) ini akan menggunakan platform B0 yang dikembangkan untuk model terbaru. Platform tersebut bisa digunakan mobil-mobil yang dibangun oleh aliansi Renault-Nissan.

Mesin yang ditawarkan kemungkinan tidak berbeda dari model yang sekarang masih dipasarkan. Ada dua pilihan mesin bensin empat silinder yaitu berkapasitas 1,6 liter dengan tenaga 108 bhp, dan 1,2 liter turbo bertenaga 124 bhp. Sedangkan untuk mesin diesel berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 109 bhp. Sistem penggerak empat roda hanya tersedia untuk varian tertinggi saja. (san)

(ton)