Image

Seekor Monyet Baboon di Zambia Sebabkan Pemadaman Listrik, Kok Bisa?

Monyer baboon sebabkan pemadaman listrik di Zambia. (Foto: Zesco)

Monyer baboon sebabkan pemadaman listrik di Zambia. (Foto: Zesco)

LIVINGSTONE - Seekor monyet baboon menyebabkan wilayah Livingstone di Zambia gelap gulita. Pasalnya, baboon tersebut diketahui telah merusak kabel di wilayah tersebut dan membuat sekira lebih dari 50 ribu warga hidup tanpa listrik.

Hal tersebut bermula, ketika si baboon liar itu memanjat tiang pembangkit listrik dan bermain dengan kabel. Tak hanya membuat aliran listrik terputus, baboon tersebut juga sempat tersetrum. Juru bicara perusahaan listrik Zambia menyebut, baboon itu tersetrum dengan daya cukup tinggi yang mampu membunuh manusia.

Beruntung, secara ajaib nyawa baboon jahil itu berhasil selamat. Sebagaimana disitat dari BBC, Selasa (18/7/2017), baboon yang mengalami cedera serius tersebut telah dievakuasi oleh organisasi penyelamatan satwa liar lokal untuk dirawat.

"Baboon itu selamat dari sengatan listrik yang besar. Manusia bahkan tidak akan selamat jika tersetrum dengan sengatan tersebut. Si baboon menderita lika serius tapi setelah dirawat kondisi nya terus membaik," ujar juru bicara perusahaan listrik Zambia, Henry Kapata.

Satwa liar memang umum ditemukan di Livingstone mengingat wilayah tersebut lokasinya dekat dengan sebuah taman nasional. Selain mengevakuasi si baboon, petugas juga dengan cepat melakukan perbaikan listrik bagi masyarakat.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x