Image

Hari Jadi Bogor, Warga Gelar Tradisi Ngumbah Tugu Kujang

Ngumbah Tugu Kujang (foto: Putera/Okezone)

Ngumbah Tugu Kujang (foto: Putera/Okezone)

BOGOR - Pemerintah Kota Bogor bersama tokoh masyarakat melakukan tradisi "Ngumbah Tugu Kujang" dalam memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-535. Tradisi tahunan ini dilakukan untuk menjaga kelestarian pusaka Tugu Kujang yang merupakan ikon Kota Bogor.

Ketua Panitia Ngumbah Kujang Cecep Thoriq mengatakan, tradisi ini rutin digelar untuk memelihara benda pusaka Pasundan yang merupakan senjata peninggalan dari kerajaan Pajajaran.

"Tugu Kujang merupakan pusaka dan ikon Kota Bogor yang harus dirawat dan dipelihara. Tradisi ini selalu dilakukan agar Tugu Kujang tetap terpelihara dan tidak ada yang merusak," katanya, Selasa (18/7/2017).

 

Pencucian Tugu Kujang acara diawali dengan prosesi pengambilan 7 mata air, salah satunya dari mata air Cikahuripan di Kebun Raya Bogor. Air ini dipercaya digunakan para putri untuk mandi.

"Air itu yang kita gunakan untuk simbol pencucian Tugu Kujang. Kami harap Tugu Kujang terpelihara dengan baik Ngumbah Tugu Kujang ini akan dilakukan selama tiga hari mulai 17-20 Juli mendatang," jelas Thoriq.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan tradisi ini dilakukan untuk menghargai juga merawat benda bersejarah peninggalan zaman dahulu terutama Tugu Kujang yang merupakan simbol Kota Bogor.

"Ini perhatian kita, cinta kita dan sayang kita terhadap apa yang ditinggalkan oleh pendahulu. Jadi semuanya harus berusaha merawat dan menjaga apa yang ditinggalkan, baik secara fisik maupun nilai-nilai sejarahnya," ujar Bima.

Selain bersih secara fisik, "Ngumbah Tugu Kujang" juga membersihkan secara non fisik yaitu membersihkan hati dan berharap semua pemangku kebijakan di Kota Bogor bisa menjaga dengan hati dalam membangun Kota Bogor.

"Mudah-mudahan dengan simbolisasi ini ke depannya kita tambah guyub, rukun, tambah bersih hatinya, menjaga dan melestarikan yang sudah ada baik secara fisik maupun nilainya," tandasnya.

 

Sekadar diketahui, Tugu Kujang dibangun pada tahun 1982 di masa kepemimpinan Wali Kota Bogor Ahmad Sobana. Ngumbah Tugu Kujang pertama kali dilakukan pada tahun 1990 di masa kepemimpinan Wali Kota Bogor Suratman sebagai rasa cinta warga Bogor dalam merawat dan menjaga kebersihan Tugu Kujang yang menjadi ikon Kota Bogor.

(wal)
Live Streaming
Logo
breaking news x