Image

Gempa Susulan Guncang Padangsidempuan

foto: Illustrasi Okezone

foto: Illustrasi Okezone

MEDAN - Gempa bumi tektonik kembali menguncang Kota Padangsidempaun, Sumatera Utara. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah 1 Medan mencatat gempa susulan tersebut terjadi pada pukul 00.28.55 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan 3.4 SR dengan posisi episenter pada koordinat 1,69 lintang utara dan 99,20 bujur timur, tepatnya di darat pada jarak 15 km arah Barat Laut dari Padangsidempuan, Sumatera Utara, pada kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan cukup kuat di Padangsidempuan dengan intensitas gempabumi I SIG-BMKG (I-II MMI).

"Gempabumi ini adalah rangkaian gempa bumi susulan setelah dipicu kejadian gempabumi utama 5.5 SR yang terjadi pada tanggal 14 Juli 2017 lalu," ujar Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, Selasa (18/7/2017).

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempabumi ini berada pada zona Sesar Sumatera pada Segmen Angkola, karakteristik sinyal gempabumi ini menunjukkan gempabumi tektonik.

"Dari kedalaman hiposenternya gempabumi ini merupakan jenis gempabumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi. Jadi cukup terasa oleh masyarakat," tandas Edison.

(wal)
Live Streaming
Logo
breaking news x