Image

11 Gempa Susulan Terjadi di Kota Padangsidempuan, Masyarakat Diminta Tak Panik

Ilustrasi

Ilustrasi

MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah 1 Medan mencatat hingga saat ini telah terjadi 11 kali gempa susulan pascagempa 5,5 SR menguncang Kota Padangsidempuan pada 14 Juli 2017.

Kepala BMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan, gempa susulan terakhir berkekuatan 3,4 SR pada kedalaman 10 kilometer terjadi di 15 kilometer barat laut Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara pada pukul 00.28 WIB, hari ini.

"Hingga hari ini tanggal 18 Juli 2017 pukul 09.00 WIB jumlah gempabumi susulan mencapai 11 kejadian," ujar Edison.

Dia mengimbau masyarakat sekitar Kota Padangsidempuan agar tetap tenang. Selain itu mengikuti arahan pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG.

"Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya diimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," pungkas Edison.

Sebelumnya, gempa tektonik berkekuatan 5,5 SR menguncang Kota Padangsidempuan dan empat kabupaten lainnya. Gempa merusak 60 rumah di Padangsidempuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Satu orang dilaporkan terluka akibat tertimpa runtuhan bangunan.

(ris)
Live Streaming
Logo
breaking news x