Indonesia Bangun Pusat Roket, Morotai dan Biak Jadi Lokasi

Okezone, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 11:23 WIB
Indonesia Bangun Pusat Roket, Morotai dan Biak Jadi Lokasi - Indonesia Bangun Pusat Roket, Morotai dan Biak Jadi Lokasi

Bagikan Artikel Ini

RUPANYA Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tengah membangun bandar antariksa atau pusat roket Indonesia. Pilihan lokasinya yakni di Pulau Morotai dan Pulau Biak, karena kedua daerah tersebut yang memenuhi berbagai persyaratan untuk dibangun bandar antariksa.


Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menjelaskan, urgensi pembangunan bandar antariksa di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara besar, secara geografis Indonesia membutuhkan media komunikasi berbasis satelit karena Indonesia negara kepulauan, dan tentu dibutuhkan teknologi keantariksaan untuk membangun hal tersebut, karena Indonesia memiliki pasar yang besar terkait hal itu.

Baca juga:
------------------------------------
------------------------------------ 

“Kemudian untuk menciptakan nilai ekonomi dari kegiatan keantariksaan, khususnya terkait peluncuran roket, saat ini juga sedang tumbuh tren pasar satelit baik yang berukuran nano, maupun mikro dengan berbagai kebutuhan termasuk untuk remote sencing, pemetaan dan sebagainya,” kata Laksana dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR dengan Kepala BRIN di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/9/2021).
 
Kemudian, Laksana melanjutkan, keunggulan Indonesia yang berada dekat garis khatulistiwa menjadikan Indonesia sebagai lokasi strategis untuk peluncuran satelit, karena memiliki gravitasi yang rendah.
 
Selengkapnya simak Infografis diatas.