PNS Pindah ke Ibu Kota Baru

Okezone, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 03:35 WIB
PNS Pindah ke Ibu Kota Baru - PNS Pindah ke Ibu Kota Baru

Bagikan Artikel Ini

Proyek Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur terus dikerjakan. Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan pindah ke Ibu Kota Baru pun ditargetkan mulai pada 2023.
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti PNS di kementerian/lembaga dan instansi pusat bisa pindah secara bertahap.
 
"Kami ingin target akhir tahun 2023 sebagian ASN kementerian, lembaga, dan instansi pusat sudah bertahap pindah ke ibu kota baru," kata Tjahjo Kumolo, Minggu (10/10/2021).
 
Sementara itu, Kementerian PPN/Bappenas sudah menyiapkan anggaran untuk 'angkut' PNS pindah ke ibu kota baru.
 
 
Baca Juga:
------------------------------------
4 Fakta Terbaru THR PNS
------------------------------------
Beda PNS dengan PPPK
------------------------------------
 
 
Dalam pagu anggaran Kementerian PPN/Bappenas tahun 2022 sebesar Rp1,37 triliun, sebanyak 3,8% atau Rp52,78 miliar akan dialokasikan untuk belanja modal.
 
"Belanja modal Rp52,78 miliar untuk revitalisasi dan pemutakhiran fasilitas klinik Kementerian PPN/Bappenas, dukungan pemutakhiran fasilitas integrated digital workspace-flexi work untuk persiapan pegawai pindah ibu kota negara," ujar Menteri PPN/Kepala Bappens Suharso Monoarfa.
 
Dia mengatakan saat ini perencanaan ibu kota negara telah sampai pada penyelarasan masterplan dengan rencana tata ruang kawasan strategis nasional (RTR KSN).
 
"Perencanaan IKN ini juga meliputi penetapan rencana detail tata ruang BWP ibu kota negara. Selain itu perencanaan berisi penyelarasan masterplan IKN dengan desain kawasan inti pusat pemerintahan atau KIPP," katanya.