Kementerian BUMN Pastikan Tidak Ada Potensi Korupsi di Anggaran KCJB

Okezone, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 02:29 WIB
Kementerian BUMN Pastikan Tidak Ada Potensi Korupsi di Anggaran KCJB - Kementerian BUMN Pastikan Tidak Ada Potensi Korupsi di Anggaran KCJB

Bagikan Artikel Ini

JAKARTA - Kementerian BUMN memastikan tidak ada potensi korupsi atau penyelewengan dalam kasus pembengkakan biaya atau cost overrun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pembengkakan itu mencapai USD3,8 miliar- USD4,9 miliar atau setara Rp 54 triliun- Rp69 triliun.
 
Baca Juga:
-------------------------------------
Jokowi Tinjau Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
-------------------------------------
Jalur Kereta Api Paling Berbahaya di Dunia
-------------------------------------
 
Menurut Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, Kementerian BUMN sebagai pemegang saham PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI), yang juga merupakan konsorsium Indonesia dalam struktur Kereta Cepat Indonesia–China (KCIC), tidak mengakomodir tindakan melanggar hukum tersebut.
 
"Gak ada namanya kelebihan anggaran atau pun akibat ini, kita jaga gitu, tidak ada potensi-potensi apapun di sana, tidak ada potensi korupsi, potensi penyelewengan, tidak akan kita akomodir," ujar Arya kepada wartawan, dikutip Senin (11/10/2021).
 
Kementerian BUMN pun telah meminta agar Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mempercepat audit anggaran KCJB. Audit BPKP akan selesai pada Desember 2021. Hasil penelusuran lembaga auditor internal negara pun menjadi penentu berapa besar dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan mega proyek di sektor transportasi tersebut.
 
"Makanya, kami dari Kementerian BUMN sudah meminta audit dari BPKP, jadi audit dulu baru ditetapkan berapa sebenarnya angka yang dibutuhkan untuk menyelesaikan KCIC (Kereta Cepat Indonesia–China) ini," katanya.
 
Bahkan, Arya memastikan angka yang diberikan BPKP merupakan nilai pasti untuk mendanai penyelesaian konstruksi proyek strategis nasional (PSN) itu.
 
Selengkapnya simak dalam infografis okezone di atas ya!
 
Lihat Juga:
China Miliki Kereta Tercepat di Dunia