Kartu Indonesia Pintar Bantu Siswa Tak Mampu untuk Kuliah

Okezone, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 11:53 WIB
Kartu Indonesia Pintar Bantu Siswa Tak Mampu untuk Kuliah - Kartu Indonesia Pintar Bantu Siswa Tak Mampu untuk Kuliah

Bagikan Artikel Ini

Pemerintah terus mendorong siswa dari kalangan yang tidak mampu untuk dapat kuliah di perguruan tinggi melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka.


Kepala Pusat Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Abdul Kahar mengatakan, pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat. Terutama dari keluarga tidak mampu sehingga bisa ikut menikmati pendidikan di level perguruan tinggi. 


Kahar melanjutkan, program PIP sudah berjalan sejak 2015 dimana siswa jenjang SD, SMP, SMA/SMK menerima KIP untuk meneruskan sekolahnya. Dari situ pemerintah pun membuat KIP Kuliah agar penerima KIP di level sekolah menengah bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.


Baca juga:
-----------------------------------------
-----------------------------------------

Dia membeberkan 3 kriteria calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.


1. Prioritas pertama penerima KIP Kuliah adalah penerima PIP dari jenjang sekolah SMA/SMK/MA


2. Jika di sekolahnya belum terdaftar sebagai penerima PIP maka Kemendikbudristek akan melihat apakah mereka berasal dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH)


3. Kriteria ketiga, jika tidak terdaftar di PIP maupun PKH maka akan dilihat dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Jika berada di Desil 4 kebawah maka berhak menerima KIP Kuliah.


Selengkapnya simak Infografis diatas.