Fakta-Fakta Kecurangan Tes CPNS di Buol, Sulawesi Tengah

Okezone, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 06:23 WIB
Fakta-Fakta Kecurangan Tes CPNS di Buol, Sulawesi Tengah - Fakta-Fakta Kecurangan Tes CPNS di Buol, Sulawesi Tengah

Bagikan Artikel Ini

Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, kerap ramai diperbincangkan akibat dugaan kecurangan atas Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo ikut bersuara terkait kasus ini.
 
Baca Juga:
----------------------------
6 Fakta Seleksi CPNS 2021
----------------------------
Aturan Prokes Seleksi CPNS 2021
----------------------------
 
Berikut sejumlah fakta mengenai kecurangan Tes SKD di Buol:
 
1. Rusak Sistem SSCASN
Kepala Biro (Karo) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama menyebut adanya indikasi dari sejumlah oknum untuk merusak sistem SSCASN yang digunakan dalam tes CPNS di Buol. 
 
2. Remote Access
Menpan-RB Tjahjo Kumolo menyatakan salah satu kecurangan dalam Tes SKD di Buol adalah dengan menginstal sebuah perangkat lunak remote access.
 
3. Pengerjaan soal 8 Detik
Tidak hanya itu, Tjahjo juga sudah meminta pihaknya untuk melakukan audit trail terhadap peserta tes. Audit trail ini untuk melihat aktivitas peserta selama pelaksanaan ujian.
 
Hasilnya, terlihat peserta sangat cepat dalam menyelesaikan soal, baik saat menampilkan soal maupun menjawab soal sangat cepat dengan rata-rata 8 detik per satu soal. 
 
4. Diproses Pidana
Atas kejadian ini, Tjahjo mengungkapkan peserta yang terlibat kecurangan dalam tes ini nantinya tidak hanya didiskualifikasi, tapi juga akan diproses pidana.
 
5. Dugaan Keterlibatan Petugas ASN
"Sempat ada dugaan mengenai keterlibatan petugas ASN dalam kecurangan tes ini. Namun, dugaan tersebut hingga saat ini masih diselidiki. 
Sedang penelitian detil oleh pansel (panitia seleksi),” ujar MenPANRB Tjahjo Kumolo.
 
Selengkapnya simak dalam infografis okezone di atas ya!
 
Lihat Juga:
4 Fakta Lowongan CPNS 2021