Mengapa Suhu di Kabin Pesawat Sangat Dingin?

Okezone, Jurnalis · Senin 22 November 2021 03:11 WIB
Mengapa Suhu di Kabin Pesawat Sangat Dingin? - Mengapa Suhu di Kabin Pesawat Sangat Dingin?

Bagikan Artikel Ini

Saat berpergian menggunakan pesawat, beberapa orang merasa kurang nyaman karena hawa dingin yang berlebihan. Namun demikian, suhu di kabin pesawat yang begitu dingin ini memiliki peran penting untuk menjaga kenyamanan di dalam kabin pesawat.
 
Melansir Reader Digest pada Minggu (21/11), terdapat laporan dari Airbus yang ditugaskan oleh House of Lords (Majelis Tinggi Inggris Raya) memaparkan, kabin pesawat yang kursinya penuh terisi dan panas tubuh yang dihasilkan penumpang begitu banyak.
 
 
Baca Juga:
-----------------------------------------
5 Penerbangan dengan Pramugari Terbaik
-----------------------------------------
Prilaku Penumpang yang Dibenci Pramugari
-----------------------------------------
 
 
Udara masuk yang dibutuhkan harus berada pada suhu persis atau di bawah kebutuhan suhu kabin. Suhu tiap kursi memang tidak bisa diatur berbeda-beda tetapi awak kabin pesawat bisa mengatur suhu kabin berdasarkan zona.
 
Studi American Society for Testing and Materials menyebutkan, orang lebih mudah pingsan akibat suhu kabin yang hangat karena tubuh tak menerima oksigen yang cukup.
 
Untuk itu, suhu standar maksimun di kabin yakni 32,2 derajat Celcius. Namun suhu tersebut jarang sekali terjadi ketika pesawat mengudara karena nantinya di dalam kabin akan hangat.
 
ASTM International dalam penelitiannya menyatakan, orang lebih mudah pingsan saat di udara akibat kondisi medis yang disebut hypoxia.
 
Tekanan tinggi pada kabin dan suhu hangat di dalam kabin akan membuat tubuh dalam kondisi hypoxia. Mengingat suhu tubuh badan beragam, maskapai lantas menjaga suhu dalam kabin serendah mungkin.
 
Untuk itu, beberapa maskapai penerbangan terutama jenis full service menyediakan selimut bahkan kaus kaki untuk penumpang. Namun tak ada salahnya membekali diri dengan kaus kaki dan jaket sendiri.
 
Simak Infografis.
 
 
#Suhu di Pesawat Dingin #pesawat #Aviasi #Seputar Aviasi