4 Beasiswa yang Diberikan Pemerintah

Okezone, Jurnalis · Senin 22 November 2021 04:17 WIB
4 Beasiswa yang Diberikan Pemerintah - 4 Beasiswa yang Diberikan Pemerintah

Bagikan Artikel Ini

Keterbatasan biaya tidak seharusnya menjadi halangan bagi calon mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan hingga jenjang tertinggi.
 
Baca juga:
6 Tips Menentukan Pilihan Beasiswa
----------------
5 Syarat Umum yang Harus Dikuasai Pencari Beasiswa
----------------
Pemerintah kini kerap memberikan bantuan pendidikan setiap tahunnya, mulai dari jenjang S1, S2 hingga S3. Berikut beberapa daftar beasiswa dari pemerintah yang wajib kalian tahu.
 
1. Beasiswa KIP
Kuliah Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (sebelumnya Bidikmisi) selalu membuka pendaftaran setiap tahunnya. Dimulai dengan membuat akun, pengaju lalu mendaftar sesuai dengan jalur masuk perguruan tinggi neger atau swasta.
2. Beasiswa LPDP 
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan lembaga yang membuka program beasiswa kepada putra-putri bangsa yang berprestasi dalam akademik dan memiliki keterampilan lain seperti kepemimpinan, serta bertekad kuat dalam membangun Indonesia.
3. Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki beasiswa Unggulan yang terdiri dari empat jenis, yaitu:
- Beasiswa bagi masyarakat berprestasi
Beasiswa ini ditujukan untuk masyarakat berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik, baik itu nasional atau internasional.
 
- Beasiswa pegawai Kemdikbudristek
Beasiswa ini diperuntukkan bagi seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Kemdikbudristek dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah. Penerima diusulkan oleh pejabat pimpinan pratama atau eselon II unit kerja.
 
Beasiswa untuk penyandang disabilitas Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, ataupun disabilitas sensorik.
 
- Beasiswa Unggulan penyandang disabilitas
Dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester II pada saat mendaftar.
 
4. Beasiswa PPA Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik adalah beasiswa yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswa di berbagai daerah, terutama yang tengah kuliah dan berprestasi, baik pada jenjang sarjana (S1) maupun diploma (D4 dan D3) minimal semester II.
 
 
 
 
 
 
 
Selengkapnya simak infografis diatas ya.
 
 
 
 
 
#KIP Kuliah #LPDP #Beasiswa pemerintah #beasiswa