5 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia

Okezone, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 12:58 WIB
5 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia - 5 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia

Bagikan Artikel Ini

Saat ini mengonsumsi kopi bukanlah sesuatu yang dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi juga sesuatu yang memberikan rasa nikmat, bahkan bisa meningkatkan semangat bagi banyak orang.
 
Hal inilah yang membuat kopi menjadi komoditas yang bernilai tinggi, terutama di Indonesia, yang merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, dengan beragam jenis kopi berkualitas.
 
 
Baca Juga:
---------------------------------
5 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan
---------------------------------
4 Tips Minum Kopi Enak
---------------------------------
 
 
1. Kopi Toraja
Kopi Toraja, Kopi yang berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan, popularitasnya bukan hanya di Nusantara, namun hingga mancanegara. Kopi Toraja memiliki rasa yang unik dibandingkan dengan jenis kopi Nusantara lainnya.
 
Kopi Toraja memiliki perpaduan rasa cokelat, tembakau, dan karamel di tiap seduhan kopinya. Dipadukan dengan tekstur yang sangat halus dan aroma yang harum, kopi Toraja membuat setiap orang yang meminumnya menjadi lebih rileks.
 
2. Kopi Kintamani
Selain keindahan alamnya, Bali juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi asli Indonesia yang memiliki cita rasa unik. Kopi Kintamani, yang dihasilkan di Bali, memiliki cita rasa buah-buahan yang cenderung asam dan segar. Beberapa orang menyukai kopi Bali karena rasanya yang lebih lembut dan tidak berat.
 
3. Kopi Gayo
Kopi Gayo adalah salah satu jenis kopi Nusantara yang paling populer, baik di dalam negeri maupun mancanegara. Salah satu karakteristik dari jenis kopi ini adalah aroma yang kuat dan gurih, serta tingkat keasaman yang rendah. Kopi jenis ini dihasilkan di dataran tinggi Gayo, tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah, Aceh dan telah hadir sejak zaman penjajahan Belanda. Kopi Gayo adalah kopi yang paling banyak diekspor Indonesia. Menariknya, biji kopi Aceh Gayo paling banyak diminati masyarakat Jepang.
 
4. Kopi Ciwidey
Kopi Ciwidey dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, juga menjadi salah satu jenis kopi Nusantara yang menjadi primadona di negeri sendiri. Bahkan, kopi Ciwidey pernah mendapatkan predikat sebagai kopi termahal di Indonesia dan tercatat dalam rekor MURI 2017. Salah satu alasan mengapa kopi Ciwidey layak dihargai mahal adalah karena rasa dan aromanya yang unik.
 
Kopi Ciwidey memiliki rasa yang cenderung manis saat diminum. Rasa tersebut didapat setelah melewati proses yang cukup panjang, demi mendapatkan biji kopi yang berkualitas.
 
5. Kopi Mandailing
Sejak tahun 1980-an, kopi Mandailing sudah dikenal sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi Mandailing pertama kali ditanam di Kawasan Mandailing Natal, tepatnya di daerah Pekantan, Sumatera Utara.
 
Kopi Mandailing memiliki cita rasa khas, yang digemari oleh para pencinta kopi dunia, yaitu tingkat keasaman yang rendah dan tingkat kekentalan yang tinggi. Sementara itu, jenis kopi yang paling disukai dari kopi Mandailing adalah kopi arabika.
 
Simak Infografis.
 
 
#Kopi Toraja  #Kopi Ciwidey #Kopi Kintamani #Kopi Mandailing #Kopi Gayo  #kopi