Fakta-Fakta Erick Thohir Selamatkan Garuda

Okezone, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 07:50 WIB
Fakta-Fakta Erick Thohir Selamatkan Garuda - Fakta-Fakta Erick Thohir Selamatkan Garuda

Bagikan Artikel Ini

MENTERI BUMN Erick Thohir lakukan upaya proteksi bisnis PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang memiliki utang sebesar USD9,8 miliar atau setara Rp139 triliun.
Namun upaya tersebut belum diputuskan dan akan didiskusikan pihak terkait. Beberapa opsi pun muncul sebagai proteksi bisnis dengan kode saham GIAA tersebut.
 
Baca Juga:
---------------------------
Kini Garuda Hanya Punya 6 Pesawat, Sisanya Sewa!
---------------------------
4 Opsi Penyelematan Garuda Indonesia
---------------------------
 
Berikut fakta upaya penyelamatan Garuda Indonesia yang dirangkum Okezone, Senin (22/11/2021).
 
1. Pendanaan Bukan dari APBN
Erick Thohir sudah menyiapkan rencana penyuntikan anggaran untuk Garuda Indonesia. Dan memastikan pendanaan baru bagi emiten pelat merah itu bukan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).
 
2. 2 Opsi Pendanaan
Ada dua opsi pendanaan yang disebutkan Erick, pertama pembiayaan berasal dari BUMN lain yang cash flow tercatat stabil. Kedua, kemungkinan dibukanya investor baru.
 
3. Memungkinkan Opsi Dilusi
Erick sendiri enggan merinci lebih jauh dua opsi pendanaan tersebut. Namun, dari pernyataan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, pemegang saham meminta pendapat legislator apakah memungkinkan saham-saham Garuda diberikan kepada investor baru. Artinya, ada pengurangan saham negara (dilusi).
 
4. ‘Cinta Buta’ Bahayakan Garuda
Saat ini upaya restrukturisasi dan negosiasi utang Garuda Indonesia senilai USD9,8 miliar atau setara Rp139 triliun terus dilakukan pemegang saham. Meski begitu, Erick memastikan pihaknya tidak 'cinta buta' terhadap upaya penyelamatan maskapai penerbangan pelat merah itu.
 
5. Sewa yang Mahal Hingga Dugaan Korupsi
Erick Thohir menyebut, ada skenario mencari keuntungan pribadi saat pengadaan pesawat Garuda Indonesia. Pernyataan itu menyusul bunga sewa pesawat sejumlah armada mencapai 28 persen atau paling tinggi di dunia.
 
Selengkapnya simak dalam infografis di atas ya!
 
 
#Bisnis Garuda
#Garuda
#garuda indonesia
#Utang Garuda
#Erick Thohir