nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkuat Perbatasan, KSAD Resmikan 5 Brigif

Sindo/Untung Sibejo, Jurnalis · Jum'at 13 April 2007 02:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2007 04 13 1 13419
SLAWI Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI DjokoSantoso meresmikan Lima Brigade Infanteri (Brigif), dua diantaranya Brigifbaru. Peresmian ini untuk penjagaan perbatasan, khususnya pulau terluar Indonesia.

Inimerupakan langkah realistis tahapan reformasi internal TNI AD di bidangstruktural dalam pembinaan organisasi dan gelar pasukan yang dikaitkan denganwilayah daratan yang luas jelas KSAD Jenderal TNI Joko Santoso kepada wartawanusai peresmian, Slawi, Kamis (12/4/2007).

Kelima Brigif tersebut adalah Brigif-4/ Dewa RatnaKodam IV/ Diponegoro berkedudukan di Wangon Slawi Kabupaten Tegal Jateng,Brigif-7/ Rimba Raya Kodam I/ Bukit Barisan yang berada di Pulau Raja,Brigif-16 Wira Yudha Kodam V/ Brawijaya dengan lokasi di Desa Gunung KlothokKediri, Brigif-19/ Khatulistiwa Kodam VI/ Tanjungpura ada di Kota Singkawang,dan terakhir Brigif-20/Ima Jayakeramo Kodam XVII/ Trikora bertempat di KotaTimika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

KasadJenderal TNI Djoko Santoso menjelaskan, pembentukan Brigif ini dilakukan untukoptimalisasi pelaksanaan tugas-tugas TNI, Khususnya di daerah-daerah perbatasandan pulau-pulau terluar yang rawan terhadap ancaman.

Penambahankekuatan di wilayah rawan ini, lanjut Kasad, dilakukan hingga tahun 2009mendatang. Sebagai informasi, pembentukan Brigif 4, 7, dan 16 merupakanpembentukan kembali Brigif yang sebelumnya sudah ada. Satu Brigif rata-ratamemiliki kekuatan sebanyak 3.700 personil.

Karenavalidasi organisasi akhirnya dihapus. Sedangkan Brigif-19 dan 20 merupakanpembentukan satuan Brigif baru katanya.

Disinggungadanya keterbatasan dalam Alut sista yang dimiliki oleh TNI AD, Kasadmenegaskan bahwa kekuatan suatu negara tidak semata bergantung dengan hal itu.

Alutsista ada di urutan ke sekian, di atasnya yang utama adalah pemimpin, prajurit,doktrin, kemampuan non fisik, baru kekuatan Alut sista pungkasnya. (untung subejo/Sindo/uky)

()

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini