nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bendera Malaysia Dibakar di Ponorogo

Lukman Hakim, Jurnalis · Senin 26 November 2007 13:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2007 11 26 1 63728

PONOROGO - Puluhan mahasiswa dari Universitas Islam Sunan Giri dan Institut Agama Islam Riyadatul Mujahidin Pondok Pesantren Walisongo Ponorogo, Jawa Timur, menggelar aksi unjuk rasa dan membakar replika bendera Malaysia di Depan Gedung DPRD Ponorogo, Jalan Alun-alun, Senin (26/11/2007). Aksi itu sebagai bentuk kecaman terhadap Malaysia yang mengklaim budaya seni Ponorogo.

Selain mahasiswa, aksi demo itu juga diikuti seniman Reog Ponorogo. Sebelumnya, mereka bergerak dari kampus Universitas Islam Sunan Giri menuju Gedung DPRD.

Saat sampai di DPRD, mereka menggelar aksi dengan berteriak mengecam dan meminta pemerintah untuk segera meluruskan bahwa Reog Ponorogo adalah milik Ponorogo bukan Malaysia. Kemudian mendesak Pemkab Ponorogo untuk melindungi aset-aset budaya lokal Ponorogo agar tidak dicaplok negara lain.

Mahasiswa juga meminta agar anggota dewan menemui mereka. Beruntung, Wakil Ketua DPRD HM Boking Hasan akhirnya menemui mahasiswa. Boking mendukung aksi yang dilakukan mahasiswa dan seniman Reog Ponorogo.

Setelah mendapat dukungan dari petinggi DPRD, mahasiswa menutup aksi dengan membakar dua "bendera" Malaysia ukuran sekira 1,5 meter. Selain itu, aksi juga dimeriahkan dengan tarian Barongan Reog Ponorogo.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini