Klub Jurnalistik Jejak Pena (Jepe) Diploma IPB

Rabu 28 November 2007 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2007 11 28 100 64425

BOGOR - Melihat kebutuhan akan penyaluran bakat dan informasi dalam ruang lingkup kampus sehingga dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswanya. Klub jurnalistik Jejak Pena (Jepe) berdiri sebagai klub pertama yang berdiri di diploma IPB. Tujuan didirikannya Jepe adalah untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai jurnalistik, mengoptimalkan potensi terpendam mahasiswa, memasyarakatkan jurnalistik serta sebagai media promosi Program Diploma IPB, IPB secara umum, serta Program Keahlian Komunikasi pada khususnya.

Klub jurnalistik yang berdiri pada 17 Februari 2005 ini memakai nama Jepe -Jejak Pena- Karena diharapkan bisa menjadi salah satu pengukir sejarah dunia jurnalistik kampus. Dunia jurnalistik selalu menjejaki dan menelusuri data dan fakta untuk dipersembahkan kepada masyarakat. Kata pena dipilih karena dimaksudkan membantu dan mengantarkan kejadian lewat tulisan untuk disampaikan kepada masyarakat.

Aktivitas awal media ini diulai dengan tulis-menulis yang akhirnya menghasilkan sebuah karya berupa mading Jepe Zone, buletin Buple, dan Jepe online (berupa blog) serta mengisi kolom Harian Pakuan Raya yang diorganisasikan sebagai divisi.

Pertemuan yang merupakan pendalaman materi dengan melakukan pelatihan, rutin dilakukan tiga kali dalam satu bulan, rapat rutinan redaksi per divisi (mading, buletin, blog) dilakukan pra-produksi dan post produksi.

Jepe telah mengadakan pelatihan internal (pelatihan tingkat dasar jurnalistik) dengan Faturahman S Kanday, Redaktur Pelaksana Harian Radar Bogor, David Rizar Nugroho, Pemimpin Redaksi Harian Pakuan Raya, dan Hudi Santoso S.Sos, dosen jurnalistik diploma IPB sebagai pembicara, pameran fotografi yang diadakan di Kampus IPB Gunung Gede, dan kunjungan ke sejumlah media.

Klub yang disahkan sebagai UKM oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan drh Ligaya ITA Tumbelaka, SpMP, MSc menghasilkan terbitan mading Jepe Zone duamingguan, Buple (buletin) yang dipublikasikan secara gratis satu kali dalam sebulan dan penulisan kolom gerbang kampus dalam Harian Pakuan Raya.

Namun, masih banyak kendala yang pengurus temui, salah satunya kerepotan memenuhi deadline terbitan Jepe. (mbs)

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini